Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Pembiayaan Pada Divisi Marketing Di Koperasi Baitul Maal Wat Tamwil Kautsar Darmaraja

Hermawan, Aris (2017) Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Pembiayaan Pada Divisi Marketing Di Koperasi Baitul Maal Wat Tamwil Kautsar Darmaraja.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koperasi Baitul Maal wat Tamwil Al Kautsar Darmaraja merupakan lembaga keuangan syari��ah yang bergerak dalam bidang simpan pinjam dengan pola bagi hasil. Berdasarkan data pembiayaan selama tahun 2015 sering terjadinya keterlambatan dalam melakukan penentuan kelayakan dikarenakan sulitnya dalam melakukan penilaian kelayakan calon debitur mengakibatkan terjadinya penundaan realisasi pembiayaan. Hal ini menyebabkan sulitnya kabag marketing dalam melakukan alokasi dana pembiayaan serta evaluasi terhadap target pembiayaan. Selain itu penilaian kelayakan yang belum sesuai dengan Standar Operating Procedure (SOP) menyebabkan sulitnya account officer dalam melakukan penilaian kelayakan. Berdasarkan permasalahan yang ada maka pendekatan yang dapat digunakan dalam membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah dengan menggunakan pendekatan PDCA (Plan, Do, Check, Action). Pihak divisi marketing dapat mengatur dan mengawasi setiap proses yang dilakukan pada produk pembiayaan. PDCA merupakan metode sistematis untuk perbaikan proses terusmenerus didasarkan pada prinsip bahwa kita perlu mengerti situasi atau proses sebelum memperbaikinya. Dalam melakukan penilaian kelayakan digunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) sebagai sistem pendukung keputusan terhadap penilaian calon debitur. Setelah dilakukan pengujian Black Box, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun telah memenuhi tujuan fungsional yang diinginkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan kabag marketing SIM yang telah dibangun dapat mengalokasikan dana pembiayaan per bulannya dan dapat mengevaluasi pembiayaan dari laporan pengajuan pembiayaan, serta dari hasil wawancara dengan account officer bahwa sistem yang telah dibangun dapat melakukan penilaian kelayakan terhadap calon debitur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Pembiayaan, PDCA, Sistem Pendukung Keputusan, SMART
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53471

Actions (login required)

View Item View Item