Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Materi Pramuka Dengan Metode Pramuka Dengan metode Computer Assisted Instruction (CAI) (Studi Kasus Ekstrakulikuler Pramuka SMPN 2 Karangpawitan)

Kurniawan, Ganjar (2017) Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Materi Pramuka Dengan Metode Pramuka Dengan metode Computer Assisted Instruction (CAI) (Studi Kasus Ekstrakulikuler Pramuka SMPN 2 Karangpawitan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMPN 2 Karangpawitan merupakan lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang pendidikan yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang terletak di daerah Garut Jawa Barat. Sekolah ini memiliki kegiatan ekstrakulikuler, salah satu kegiatan ekstrakulikulernya yaitu ekstrakulikuler gerakan pramuka dalam kegiatan ektrakulikuler ini anggota putra dan putri dituntut untuk memahami dan hafal terhadap materi pramuka, berdasarkan hasil wawancara dengan pembina, pembina pun mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan memberikan simulasi dalam prakteknya kepada anggota putra dan putri agar memahami dan hafal terhadap materi yang disampaikan. Setelah memberikan kuesioner kepada anggota putra dan putri mengenai penyampaian materi, maka didapatkan hasil bahwa penyampaian materi di anggap kurang menarik oleh anggota putra dan putri karena bersifat pasif, monoton dan tidak interaktif. Aplikasi yang dibangun memiliki dua jenis yaitu aplikasi front end untuk anggota pramuka dan back end untuk pembina. Fitur utama pada aplikasi front end yaitu materi pelajaran, simulasi, quiz, dan game yang dikemas menggunakan konsep multimedia. Sedangkan pada aplikasi back end terdapat menu untuk mengelola soal evaluasi, data anggota, data admin juga hasil evaluasi anggota.Berdasarkan hasil pengujian yang didapatkan adalah media pembelajaran yang dibangun membantu Pembina dalam menyampaikan materi kepada anggota putra dan putri untuk lebih memahami materi, dengan menggunakan metode Computer Assisted Instruction(CAI) ini dapat membantu Pembina dalam menyampaikan dan membantu anggota putra dan putri untuk memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Computer Assisted Instruction(CAI), Pramuka, Multimedia, Aplikasi Flash.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53473

Actions (login required)

View Item View Item