Pembangunan Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Wahana Semesta Bandung Ekspres

Kusnendar, Karno (2017) Pembangunan Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Wahana Semesta Bandung Ekspres.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Harian Umum Bandung Ekspres merupakan salah satu koran group Jawa Pos yang peredarannya meliputi Bandung Raya. Walaupun koran baru, tetapi Bandung Ekspres secara perlahan dapat menyaingi koran-koran lokal yang ada di Kota Bandung. Saat ini Bandung Ekspres mengalami fluktuasi setiap bulanya , hal tersebut disebabkan karena pendekatan yang dilakukan perusahaan dalam mempertahankan pelanggan dengan cara memperhatikan kualitas surat kabar dari aktualisasi, keakuratan dan ragam berita saja. Banyaknya pelanggan yang dimliki, maka terdapat masalah-masalah yang harus dihadapi, bagaimana cara menentukan penilaian pelanggan yang berpotensial berdasarkan transaksi yang telah dilakukan, sehingga perusahaan dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi setiap pelanggan berdasarkan kelompok pelanggan yang dimiliki agar perusahaan dapat menarik minat pelanggan untuk tetap berlangganan Koran. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut PT Wahana Semesta Bandung Ekspres membutuhkan sebuah sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu manager pemasaran dalam menentukan pelayanan yang tepat terhadap pelanggan yang potensial. Serta menggunakan metode CLV (Customer Lifetime Value) dalam menentukan rekomendasi pelanggan yang potensial. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta yang didapat dalam penulisan tugas akhir ini, maka dapat ditarik kesimpulan.Sistem informasi yang dibangun dapat membantu manager pemasaran dalam menentukan pelanggan yang potensial. Sistem informasi yang dibangun dapat membantu manager pemasaran dalam menentukan rencana jenis pelayanan untuk pelanggan berdasarkan kelompok pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Metode CLV (Customer Lifetime Value)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53480

Actions (login required)

View Item View Item