Implementasi Aplikasi Digital Signature Menggunakan Fungsi Hash Algoritma SHA-256 Dan RSA Di Badan Pertanahan Nasional Kota Cimahi

Cahyo Prabowo, Egi (2017) Implementasi Aplikasi Digital Signature Menggunakan Fungsi Hash Algoritma SHA-256 Dan RSA Di Badan Pertanahan Nasional Kota Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Cimahi adalah lembaga pemerintah yang mempunyai tugas di bidang pertanahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. BPN Kota Cimahi menyediakan beberapa pelayanan untuk masyarakat, salah satunya pelayanan pendaftaran dan pencatatan dokumen sertifikat tanah. Namun, ditemui adanya pemalsuan dokumen sertifikat tanah dan adanya manipulasi terhadap isi dari dokumen tersebut. Selain itu, belum adanya layanan alternatif untuk penerbitan dokumen sertifikat digital. Mengingat layanan alternatif untuk penerbitan dokumen sertifkat tanah digital di BPN Kota Cimahi sangat penting maka dibutuhkan keamanan sistem yang baik untuk mencegah terjadinya pemalsuan dokumen sertifikat tanah digital dan agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak berhak. Digital signature dapat berfungsi untuk menguji keutuhan dan otentikasi dokumen sertifikat tanah digital, serta dapat mendeteksi perubahan dokumen sertifikat tanah digital dari hasil manipulasi oleh orang yang tidak berhak. Salah satu cara untuk melakukan digital signature pada dokumen sertifikat tanah digital yaitu dengan menggunakan fungsi hash. Algoritma hash yang digunakan dalam penelitian adalah Secure Hash Algorithm-256 (SHA-256), sedangkan algoritma kunci publik yang digunakan adalah algoritma Rivest-Shamir-Adleman (RSA). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa mengimplementasikan digital signature menggunakan fungsi hash algoritma SHA-256 dan algoritma RSA dapat memberikan layanan keamanan otentikasi dokumen pada sertifikat tanah digital di BPN Kota Cimahi sehingga dapat mencegah terjadinya pemalsuan dan manipulasi dokumen oleh orang yang tidak berhak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Digital Signature, Fungsi Hash, Secure Hash Algorithm-256 (SHA-256), Algoritma Rivest-Shamir-Adleman (RSA), Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Cimahi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53482

Actions (login required)

View Item View Item