Pembangunan Sistem Informasi Supply Chain Management (SCM) Di Asih Hati Furniture

Suparno, Agus (2017) Pembangunan Sistem Informasi Supply Chain Management (SCM) Di Asih Hati Furniture. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Asih Hati Furniture adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri untuk berbagai pekerjaan khusus barang-barang yang terbuat dari kayu. Barang/Jasa dagangan utamanya yang diproduksi terdiri dari Kursi, Meja, Lemari, Loster, Kusen, Pintu, Jendela, dan produk-produk dari kayu lainnya. Produksi dilakukan oleh pihak Asih Hati Furniture jika ada pesanan dari konsumen. Asih Hati Furniture melakukan pengadaan bahan baku kepada supplier untuk memenuhi kebutuhan produk yang dipesan oleh konsumen. Perkiraan jumlah bahan baku yang akan dipesan seringkali mengalami kesulitan dikarenakan ketidakpastian permintaan produk dari konsumen. Selain itu, bahan baku memiliki 2 kategori yaitu bahan baku yang memiliki stok dan yang tidak memiliki stok oleh sebab itu saat melakukan pengadaan bahan baku ke supplier harus dicek terlebih dulu ketersediaan bahan baku di gudang untuk mencegah kelebihan atau kekurangan bahan baku. Permasalahan lain yang timbul yaitu belum adanya jadwal untuk mengirimkan produk yang sudah jadi ke konsumen beserta informasi mengenai kendaraan yang tersedia. Tujuan pembangunan sistem ini adalah memudahkan bagian pengadaan dalam menentukan perkiraan jumlah pemesanan bahan baku ke supplier dan memudahkan bagian pengiriman untuk mengatur jadwal pengiriman produk beserta kendaraan apa yang tersedia. Strategi Supply Chain yang digunakan adalah pull supply chain, karena pemesanan bahan baku dan produksi baru dilakukan setelah adanya permintaan pasar dan benar-benar dilakukan atas pemintaan konsumen atau bisa disebut make to order. Metode peramalan yang digunakan untuk memperkirakan jumlah permintaan produk yaitu metode Single Exponential Smoothing. Perhitungan prediksi ketersediaan bahan baku di gudang menggunaan metode pengamanan persediaan (Safety stock). Perencanaan pembeliaan bahan baku menggunakan metode EOQ dan jadwal pengiriman untuk produk jadi disesuaikan dengan aturan bisnis yang ada di perusahaan. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu mengelola daftar pesanan produk dari konsumen, membantu memperkirakan jumlah pemesanan bahan baku ke supplier dan membantu dalam menentukan jadwal pengiriman beserta kendaraan yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supply chain management, pull supply chain, make-to-order, single exponential Smoothing, safety stock, EOQ.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53493

Actions (login required)

View Item View Item