Implementasi Algoritma Upper Confidence Bounds For Trees (UCT) Untuk Pengambilan Keputusan Pada Permainan Damdaman

Abdul Aziz, Hilmi (2017) Implementasi Algoritma Upper Confidence Bounds For Trees (UCT) Untuk Pengambilan Keputusan Pada Permainan Damdaman.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permainan tradisional merupakan jenis permainan yang mengandung nilai-nilai budaya pada hakikatnya merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan keberadaannya. Ada permainan yang sifatnya bertanding dan ada juga yang diutamakan utamakan untuk mengisi waktu luang sebagai bentuk rekreasi. Salah satu permainan tradisional dengan sifat kompetisi 1 lawan 1 yang banyak dimainkan adalah Damdaman atau kadang disebut Basbasan. Dengan berkembangnya teknologi, permainan tradisional mulai ditinggalkan karena kurangnya adaptasi dari permainan-permainan tersebut. Maka penelitian ini akan mencoba mengadaptasi permainan Damdaman yang juga dapat memberi contoh pengambilan langkah yang baik pada pemainnya. Penggunaan metode-metode kecerdasan buatan telah banyak digunakan pada jenis permainan papan seperti Damdaman. Selain dapat menguji kemampuan komputer dalam menyelesaikan masalah, juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan. Metode pencarian yang diterapkan pada jenis permainan ini akan mencari langkah-langkah yang memberi hasil yang berpotensi kemenangan. Metode pencarian langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah Upper Confidence Bounds For Trees (UCT). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa algoritma UCT dapat diterapkan pada permainan Damdaman dengan persentase kemenangan dihasilkan nilai sebesar 53%, nilai ini dianggap cukup baik. Serta performansi waktu pencarian 8011 milisecond/langkah dan performansi penggunaan memori sebesar 11.338 bytes/langkah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Permainan Papan, Permainan Damdaman, Upper Confidence Bounds For Trees, Artificial Intelligence,Tree Search.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53498

Actions (login required)

View Item View Item