Analisis Pemanfaatan Manajemen Lalu Lintas Sistem Dua Jalur Dan Satu Jalur Terhadap Efektifitas Kinerja Ruas Jalan

Alves, Juvenal (2017) Analisis Pemanfaatan Manajemen Lalu Lintas Sistem Dua Jalur Dan Satu Jalur Terhadap Efektifitas Kinerja Ruas Jalan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kinerja jalan adalah suatu tingkat pelayanan jalan yang menerangkan ukuran kualitas kondisi operasional dalam arus lalu lintas dan penilaiannya oleh pemakai jalan (biasanya dinyatakan dalam kecepatan, waktu tempuh, kebebasan bergerak, interupsi lalu lintas, kenyamanan dan keselamatan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen lalu lintas sistem satu jalur dan dua jalur terhadap kinerja jalan untuk meminimalkan permasalahan lalu lintas jalan dan meningkatkan efektivitas kegiatan masyarakat pengguna jalan. Adapun survey yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi survey geometrik jalan, survey lalu lintas dan survey kecepatan. Hasil pengukuran geometrik jalan dengan lokasi dari Persimpangan Jalan Bobor sampai dengan Persimpangan Jalan Jendral Ahmad Yani adalah panjang jalan 2300 m, lebar jalan 13 m tetapi yang efektif digunakan hanya 9 m. Hasil analisis penelitian yang dihitung pada volume jam puncak, secara lebih detail antara jalan dua jalur dan jalan satu jalur bisa dilihat dibawah ini :  Jalan dua jalur : Kapasitasnya sebesar 2329 smp/jam dengan kecepatan arus bebas sebesar 44,52 km/jam, arus lalu lintas puncak terjadi pada pukul 11:45 wib sampai dengan pukul 12:00 wib, yaitu sebesar 2125 smp/jam, derajat kejenuhan 15,164 dan dan kecepatan kearah timur yaitu 12,617 km/jam.  Jalan satu jalur : Kapasitasnya sebesar 3842 smp/jam dengan kecepatan arus bebas sebesar 41,61 km/jam, arus lalu lintas puncak terjadi pukul 15:45 wib sampai dengan pukul 16:00 wib, yaitu sebesar 2906,4 smp/jam, derajat kejenuhan 0,756, kecepatan kendaraan rata-rata yaitu 12,882 km/jam. Pada jalan dua jalur arus lalu lintas sudah tidak stabil, volume kira-kira hampir sama dengan kapasitas dan sering terjadi kemacetan dan keadaan ini dapat dikategorikan dalam tingkat pelayanan E sedangkan pada jalan satu jalur arus lalu lintas sudah tidak stabil dan perubahan volume lalu lintas sangat mempengaruhi besarnya kecepatan sehingga dapat dikategorikan pada tingkat pelayanan D.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geometrik jalan, arus bebas, kinerja jalan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53505

Actions (login required)

View Item View Item