Pembangunan Perangkat Lunak Data Mining Untk Penentuan Produksi Di PT. Continmotosport Menggunakan Metode Association Rule

Saeful Ahmad, Nirwan (2017) Pembangunan Perangkat Lunak Data Mining Untk Penentuan Produksi Di PT. Continmotosport Menggunakan Metode Association Rule.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Contin Motosport adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi perlengkapan berkendara (ridingware). Permasalahan yang terjadi pada perusahaan ini adalah menumpuknya hasil produksi jenis produk karena pemanfaatan data transaksi di PT. Contin Motosport hanya digunakan sebatas arsip dan laporan bagi perusahaan yang tidak digali untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pertimbangan dalam menentukan jenis produk yang akan diproduksi. Data mining merupakan proses penggalian data dalam jumlah besar dimana proses ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang bermanfaat. Salah satu metode data mining yang dapat digunakan adalah Association Rule, metode Association Rule bertujuan untuk menunjukan nilai asosiatif antara jenis-jenis produk yang dibeli oleh pelanggan sehingga terlihatlah sebuah pola berupa produk-produk apa saja yang sering dibeli secara bersamaan dalam sebuah transaksi penjualan.Dengan adanya perangkat lunak ini dapat membantu pihak perusahaan terutama bagian produksi untuk mengetahui pola pembelian konsumen, yang mana informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak perusahaan sebagai dasar pertimbangan dan rekomendasi agar dapat mengurangi kesalahan produksi dalam menentukan jenis produk yang akan diproduksi selanjutnya seabagai uapaya dalam meminimalisir menumpuknya hasil produksi jenis produk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Rekomendasi Produksi, Association Rule, CT-Pro.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53518

Actions (login required)

View Item View Item