Pengembangan Aplikasi Multimedia Bandung Resik Pada Lingkungan Sekolah Sebagai Media Sosialisasi (studi Kasus Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung)

Rafsanjani Ichsan, M (2017) Pengembangan Aplikasi Multimedia Bandung Resik Pada Lingkungan Sekolah Sebagai Media Sosialisasi (studi Kasus Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kangpisman (kurangi, pisahkan, manfaatkan sampah) merupakan program edukasi untuk pengelolaan sampah. Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung melakukan sosialisasi program edukasi kangpisman pada lingkungan sekolah. Media sosialisasi yang dilakukan adalah dengan cara konvensional, yaitu menjelaskan dengan lisan dan menyebarkan brosur kangpisman. Hal ini menyulitkan siswa untuk memahami keseluruhan materi dari program edukasi kangpisman. Aplikasi Multimedia Bandung Resik menggunakan model tutorial dan model simulasi dalam menyampaikan pesan. Dalam Aplikasi Multimedia Bandung Resik terdapat 5 menu utama yaitu info aplikasi, materi, simulasi (berisi simulasi mengurangi sampah, memilah sampah dan memanfaatkan sampah), latihan dan pengaturan. Pengujian dilakukan dengan pengujian Alfa(blackbox) dan Beta (wawancara dan kuesioner). Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan telah menjadi suatu media sosialiasi yang interaktif, ketersediaan media untuk sosialisasi bagi Perusahaanerah Kebersihan Kota Bandung telah terpenuhi dan pengetahuan pengguna tentang kangpisman bertambah setelah menggunakan aplikasi yang dikembangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Multimedia Bandung Resik, Kangpisman
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53524

Actions (login required)

View Item View Item