Pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Pada CV. Moniek Media Mandiri

Panjaitan, Binsar (2017) Pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Pada CV. Moniek Media Mandiri.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV.Moniek Media Mandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa percetakan. Keadaan saat ini setelah melakukan transaksi, pelanggan tidak melakukan kontak lagi dengan pihak perusahaan. Hal ini menyebabkan perusahaan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari pelanggan yang sama. Selain itu perusahaan juga belum melakukan pengelompokkan jenis pelanggan yang bertujuan untuk mengetahui jenis pelanggan berdasarkan transaksi pelanggan, sehingga perusahaan kesulitan dalam menentukan jenis kelompok pelanggan yang akan diberikan jenis promosi. Selain itu perusahaan juga belum melakukan pencatatan sehingga perusahaan kesulitan dalam menentukan jenis layanan yang akan diperbaiki. Oleh karena itu penerapan konsep CRM (customer Relationship Management) pada perusahaan dapat menjadi solusi untuk mengidentifikasi jenis pelanggan menjadi kategori pelanggan. Perusahaan juga dapat mengetahui jenis layanan yang perlu diperbaiki. Salah satu metode untuk melakukan pengelompokan data yang besar yaitu menggunakan algoritma k-means. Algoritma k-means adalah suatu metode pengelompokan dimana pengelompokan yang terbentuk didasari pada obyek yang memiliki kesamaan karakteristik, sehingga masing-masing elemen grup memiliki pembeda dengan grup lain. Dengan menggunakan algortima K-Means dapat membantu manager dalam melakukan pengelompokkan pelanggan dan memberikan jenis promosi kepada pelanggan. Penggunaan kuesioner dalam melakukan pencatatan keluhan dapat membantu manager dalam mengidentifikasi jenis layanan yang harus diperbaiki. Berdasarkan hasil pengujian , aplikasi yang dibangun telah mencapai tujuan yaitu membantu dalam menentukan pelanggan yang potensial sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat bagi pihak manajemen dalam memberikan jenis layanan kepada pelanggan dan membantu dalam menentukan pelayanan yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil perhitungan kuesioner.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Segmentasi Pelanggan, Algoritma K-Means, Kuesioner
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53525

Actions (login required)

View Item View Item