Pembangunan Aplikasi Monitoring Aset Bergerak Menggunakan Teknologi GPS (Global Positioning System) Di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Subang

Mahardika, Naufal (2017) Pembangunan Aplikasi Monitoring Aset Bergerak Menggunakan Teknologi GPS (Global Positioning System) Di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Subang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Subang merupakan instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang pendapatan, pengelolaan keuangan daerah, serta pengelolaan aset daerah di Kabupaten Subang. Instansi pemerintah ini memiliki kewajiban untuk mengelola dan memonitoring setiap aset bergerak yang berada pada lingkungan dinasnya dan kewajiban itu ditujukan kepada subbagian umum. Aset bergerak yaitu suatu alat pendukung dalam kegiatan operasional suatu entitas untuk meningkatkan kinerja dan kelancaran penyelenggaraan tugas. Pada kegiatan monitoring aset bergerak terjadi beberapa masalah adalah dikarenakan kurangnya informasi yang diterima oleh subbagian umum tentang keberadaan kendaraan, serta seringnya kelebihan jarak tempuh yang dicatat oleh kilometer kendaraan. GPS (Global Positioning System) merupakan suatu teknologi yang dapat mengatasi masalah tersebut dengan menentukan posisi kendaraan. Dengan menerapkan Modul GPS pada suatu kendaraan diharapkan dapat menentukan posisi serta mengirimkan data tersebut secara terus menerus dan informasi tersebut ditujukan untuk subbagian umum dengan menggunakan GPRS (General Packet Radio Service) sebagai media pengirimannya. Selain itu dengan fitur pencatatan kilometer hasil dari perhitungan setiap titiknya serta notifikasi waktunya perawatan, subbagian umum dapat memonitoring aset bergerak tersebut hanya di dalam ruang kerjanya. Berdasarkan wawancara dengan subbagian umum yang menjadi pengujian beta di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Subang, dapat disimpulkan aplikasi monitoring ini memudahkan subbagian umum untuk mendapatkan informasi tentang posisi terkini kendaraan serta memudahkan subbagian umum untuk mengetahui waktunya perawatan tanpa mengunjungi setiap kendaraan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Monitoring, GPS, GPRS, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Subang, Aset Bergerak.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53526

Actions (login required)

View Item View Item