Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Hortikultura Dan Tnaman Pangan Di SMK PPN Lembang

Adi Santoso, Muhammad (2017) Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Hortikultura Dan Tnaman Pangan Di SMK PPN Lembang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK PPN Lembang adalah salah satu sekolah yang memiliki mata pelajaran hortikultura dan tanaman pangan sebagai pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa. pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional. Hal tersebut berdampak saat guru memberikan tugas maupun ujian, sebanyak 57 siswa (44%) dari 130 siswa memiliki nilai dibawah KKM sekolah. Siswa juga mengalami kesulitan ketika diadakannya praktik lapangan karena siswa tidak mendapatkan pra pelatihan di dalam kelas. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan, salah satu cara dalam membantu siswa untuk memahami mata pelajaran adalah dengan membangun media pembelajaran sebagai alat pendukung pembelajaran konvensional. Media pembelajaran ini dibentuk kedalam aplikasi berbasis android dan menerapkan konsep CAI (Computer Assisted Instruction). Metode yang digunakan adalah pengembangan dari metode luther sutopo. Hasil penelitian yang dilakukan berupa suatu aplikasi multimedia pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran hortikultura dan tanaman pangan di SMK PPN Lembang. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan cara pretest dan postest, nilai siswa mengalami kenaikan dari nilai rata-rata 75,5 menjadi 80. Sebesar 79% dari 52 siswa yang menyatakan bahwa setelah menggunakan aplikasi mereka lebih memahami materi pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dibangun dapat membantu siswa kelas XI SMK PPN Lembang dalam mempelajari materi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Android, CAI, Hortikultura Dan Tanaman Pangan, Media Pembelajaran, Multimedia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53529

Actions (login required)

View Item View Item