Pembangkit Pertanyaan Berdasarkan Template Dari Dokumen Ringkasan Menggunakan Metode Lexical Chain Dan Korelasi Antar Kalimat

Saefurochman, Sani (2017) Pembangkit Pertanyaan Berdasarkan Template Dari Dokumen Ringkasan Menggunakan Metode Lexical Chain Dan Korelasi Antar Kalimat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berpengaruh terhadap semua bidang termasuk bidang pendidikan. Pembuatan pertanyaan dari sebuah teks untuk mengevaluasi pemahaman pembaca mengenai apa yang disampaikan didalam teks merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi terutama bagi seorang pengajar untuk melakukan evaluasi terhadap siswanya. Akan tetapi manusia memiliki keterbatasan dalam membuat pertanyaan dari teks yang berisi kalimat yang banyak. Hal ini lah yang membuat para peneliti melakukan penelitian tentang bagaimana pemanfaatan mesin dalam pelaksanaan intelligent tutoring. Question Generation (QG) merupakan proses yang dilakukan untuk membangkitkan pertanyaan oleh mesin yang dapat diterima oleh manusia dari sebuah input. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode template based. Akan tetapi metode ini dinilai memiliki keterbatasan terutama dalam kesesuaian pertanyaan yang dihasilkan dengan konteks materi. Oleh Karena itu dilakukan penelitian dengan menambahkan peringkasan otomatis materi sehingga dapat membatasi pertanyaan agar sesuai dengan konteks. Metode peringkasan otomatis yang digunakan adalah metode lexical chain dan korelasi antar kalimat. Dari hasil penelitian, didapat akurasi pertanyaan yang dihasilkan yaitu sebesar 70,26% dengan akurasi dari peringkasan sebesar 83%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Question Generation, intelligent tutoring, template based, lexical chain, korelasi antar kalimat.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53530

Actions (login required)

View Item View Item