Pemanfaatan Api (Application Programming Interface) Dari Kemdikbud (Kementrian Pendidikan Dan kebudayaan) Untuk Pembangunan Aplikasi Wisata Budaya Di Indonesia Berbasis Android

Wahyuardiyono, Ricki (2017) Pemanfaatan Api (Application Programming Interface) Dari Kemdikbud (Kementrian Pendidikan Dan kebudayaan) Untuk Pembangunan Aplikasi Wisata Budaya Di Indonesia Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) adalah kementerian dalam pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Salah satu media pendidikan yang harus tetap dilestarikan adalah wisata budaya seperti museum, cagar budaya, sanggar kesenian dan lain-lain. Data Portal Indonesia (data.go.id) adalah portal resmi data terbuka. Portal ini berisi data kementerian, lembaga pemerintahan, pemerintahan daerah, dan semua instansi lain yang terkait yang menghasilkan data yang berhubungan dengan Indonesia. Data tersebut tersedia dalam format yang mudah dicari, diakses serta digunakan, yaitu format data API (Application Programming Interface). Salah satunya adalah data museum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa data museum pada Data Portal Indonesia yang telah diolah menjadi informasi dipadukan dengan teknologi geofencing melalui hasil pengujian aplikasi yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa system mobile dari perangkat lunak yang dibangun sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan baik itu dari segi pengujian blackbox maupun dari pengujian beta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data Portal Indonesia (data.go.id), Mobile, API, Museum, Geofencing.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53532

Actions (login required)

View Item View Item