Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktrif Untuk Anak Tunagrahita Sedang Dengan Metode Vakt Berbasis Mobile Android (Stuadi Kasus SLB Aditya Grahita)

Nur Arifin, Imam (2017) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktrif Untuk Anak Tunagrahita Sedang Dengan Metode Vakt Berbasis Mobile Android (Stuadi Kasus SLB Aditya Grahita).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Yayasan SLB Aditya Grahita adalah sebuah yayasan pendidikan yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan anak tunagrahita. Tunagrahita merupakan salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang mengalami intelegensi dibawah intelegensi normal dengan skor IQ (Intellegence Quotient) sama atau lebih rendah dari 70. Di sekolah, siswa tunagrahita juga belajar matematika, bahasa Indonesia, dan ipa seperti siswa Sekolah Dasar pada umumnya. Pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional. Hal tersebut berdampak saat guru memberikan soal latihan, sebanyak 11 siswa dari 33 siswa memiliki nilai matematika dibawah KKM sekolah dengan presentase kelulusan sebanyak 66,7%. Sama halnya dengan pelajaran ipa dan bahasa Indonesia, sebanyak 8 siswa dan 7 siswa juga mengalami kesulitan ketika mempraktekan pelajaran karena keterbatasan alat peraga. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan, salah satu cara dalam membantu siswa untuk memahami mata pelajaran adalah dengan membangun media pembelajaran sebagai alat pendukung pembelajaran konvensional. Media pembelajaran tersebut juga membantu guru dalam menyampaikan pelajaran. Media pembelajaran dibentuk kedalam aplikasi berbasis android dengan menerapkan metode VAKT (Visual Auditory Kinesthetic Tactile). Dalam penelitiannya digunakan metode Luther Sutopo. Hasil penelitian yang dilakukan berupa aplikasi BETA (Belajar Bersama Tunagrahita) di SLB Aditya Grahita. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan cara pre test dan post test, nilai siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata matematika 60,94 menjadi 71,67. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih memahami materi pelajaran. Berdasarkan penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajran yang dibangun dapt membantu siswa kelas 1 SDLB Aditya Grahita dalam mempelajari materi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: interaktif, pembelajaran, smartphone, tunagrahita, vakt
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53538

Actions (login required)

View Item View Item