Aplikasi Pengenalan Karateristik Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Virtual Reality Berbasis Android (Studi Kasus Kober Mulyasari Dan Kober Al-Barkah)

Mayoreta, Loviana (2017) Aplikasi Pengenalan Karateristik Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Virtual Reality Berbasis Android (Studi Kasus Kober Mulyasari Dan Kober Al-Barkah).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengenalan hewan merupakan salah satu pembelajaran yang dipelajari di pendidikan anak usia dini. Materi ini membahas tentang pengenalan hewan mulai dari bentuk fisik dan suara hewan. Sistem pembelajaran pengenalan hewan yang sebagian besar digunakan di PAUD/KOBER yaitu guru hanya menyampaikan pengenalan hewan dengan menggunakan buku atau poster-poster kecil dan guru harus menirukan suara hewan yang bersangkutan, disebabkan akses yang cukup jauh untuk memperlihatkan jenis-jenis hewan yang jarang di temui di sekitar sekolah, sehingga guru harus membawa siswa ke taman safari untuk penyampaian materi pengenalan karakteristik hewan. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibangun suatu aplikasi pengenalan karakteristik hewan menggunakan teknologi virtual reality berbasis android. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini yaitu objek 3D hewan, nama hewan, suara hewan, dan karakteristik hewan. Pengguna dapat menjalankan aplikasi dalam dua mode penampilan, yaitu penampilan standard dan penampilan virtual reality. Aplikasi dibuat menggunakan software Unity3D dan aplikasi dapat dijalankan di Android versi 5.1.1 atau Lollipop. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sudah memenuhi kriteria yang baik yaitu mempermudah guru dalam mengenalkan hewan kepada anak. Aplikasi pengenalan karakteristik hewan ini juga dapat meningkatkan minat belajar anak serta meningkatkan pemahaman anak terhadap karakteristik hewan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hewan, Virtual Reality, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53545

Actions (login required)

View Item View Item