Penerapan Data Mining Pada Data Penjualan Produk Untuk Membentuk Segmentasi Outlet Di Blackjack Industries

Rahthin Apriladi, Faza (2017) Penerapan Data Mining Pada Data Penjualan Produk Untuk Membentuk Segmentasi Outlet Di Blackjack Industries.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Blackjack Industries merupakan sebuah produsen pakaian jadi yang meliputi t-shirt, kemeja dan tas yang memasarkan produknya pada outlet-outlet yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Blackjack Industries mengirimkan produk baru setiap sebulan sekali ke setiap outlet dan outlet menerima produk tersebut lalu memasarkan kepada pelanggan. Produk baru yang dimaksud adalah kategori produk jenis dan model. Semua outlet akan menerima kategori produk jenis dan model yang sama setiap pengiriman dilakukan. Berdasarkan survey kuesioner yang telah dilakukan terhadap 20 outlet Blackjack Industries diketahui bahwa 14 outlet mengalami kendala dalam hal ketidaksesuaian kategori produk jenis dan model yang artinya bahwa kategori produk jenis dan model yang dijual pada setiap outlet tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini menyebabkan banyak kategori produk jenis dan model yang tidak laku terjual. Maka kategori produk jenis dan model yang dibutuhkan tiap outlet berbeda dan membutuhkan karakteristik yang tepat untuk setiap outlet. Ketersediaan data, kebutuhan akan sebuah informasi (atau pengetahuan) yang berguna sebagai pendukung pengambilan keputusan. Data yang didapat berguna dalam mendapatkan karakteristik yang tepat dari setiap outlet. Karakteristik di dapat dengan melakukan analisis terhadap data penjualan produk terhadap masing-masing outlet dengan menggunakan Data Mining. Salah satumetode yang terdapat dalam data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah clustering. dimana teknik yang dipakai menggunakan algoritma Agglomerative hierarchical clustering (AHC) dalam pembentukan segmentasi sesuai karakteristik yang di dapat dari data penjualan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa segmentasi outlet ini dapat membantu pihak Blackjak Industries dalam menentukan kebutuhan tiap outlet berdasarkan karakteristik yang di dapat dan Mempermudah manager marketting dalam menentukan rekomendasi produk yang tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hierarchical Agglomerative Clustering, Data Mining, Clustering, Segmentasi, Outlet
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53547

Actions (login required)

View Item View Item