Penerapan Data Mining Pada Penjualabn Produk Di Distro Maternal Disaster Menggunakan Metode Clustering

Fitra N, Dian (2017) Penerapan Data Mining Pada Penjualabn Produk Di Distro Maternal Disaster Menggunakan Metode Clustering.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Distro Maternal Disaster merupakan tempat penjualan pakaian yang bertempat di Bandung sejak 2003. Produk utama yang dijual di Distro Maternal Disaster adalah pakaian. Setelah melakukan wawancara, didapatkan informasi bahwa pihak distro selalu membuat produk baru setiap bulannya dan produk tersebut dikirimkan ke outlet yang telah tersebar. Berdasarkan survey kuesioner terhadap 14 outlet, didapatkan informasi bahwa 11 dari 14 outlet menyatakan produk yang dikirimkan ke setiap outlet tidak sesuai dengan karakteristik outlet. Ketidaksesusaian tersebut karena jenis produk dan ukuran yang tidak sesuai dari setiap outlet, sehingga menjadikan setiap outlet memiliki karakteristik yang berbeda terhadap produk. Dilihat dari hasil survey yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan karakteristik outlet yang berbeda-beda sehingga outlet mengalami kesulitan dalam menjual produk Maternal. Untuk mendapatkan informasi karakteristik yang berbeda dari setiap outlet, maka dilakukan segmentasi terhadap setiap outlet dengan menggunakan data mining dan metode clustering. Metode tersebut dapat memisahkan data data kedalam sejumlah kelompok (cluster) menurut karakteristik data. Algoritma yang digunakan adalah Agglomerative Hierachical Clustering (AHC) dimana segmentasi diawali dengan mempresentasikan setiap objek data sebagai satu segmen, kemudian dilakukan perhitungan jarak antar segmen tersebut. Setelah itu, segmen yang memiliki jarak terkedat digabungkan menjadi segmen baru. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membentuk segmentasi outlet berdasarkan data penjualan, sehingga karakteristik dari setiap outlet dapat terlihat. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa segmentasi outlet ini dapat memudahkan pihak Distro Maternal Disaster untuk membentuk segmentasi outlet sehingga memudahkan pihak distro dalam menentukan strategi bisnis yang tepat untuk setiap segmen outlet berdasarkan karakteristiknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: segmentasi outlet, data mining, clustering, Agglomeration Hierarchical Clustering, AHC, complete linkage
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53548

Actions (login required)

View Item View Item