Pembangunan Perangkat Lunak Online Booking Barbershop Di Bandung Menggunakan Teknologi Mobile Global Positioning System Dan Web Service Pada Platform Android

Cipta, Hendra (2017) Pembangunan Perangkat Lunak Online Booking Barbershop Di Bandung Menggunakan Teknologi Mobile Global Positioning System Dan Web Service Pada Platform Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perawatan rambut menjadi salah satu faktor utama penampilan yang kerap diperhatikan kaum pria. Hal ini semakin diperkuat dengan meningkatnya bisnis salon khusus pria atau yang biasa dikenal dengan istilah barbershop. Namun demikian para pelanggan barbershop tidak luput dari berbagai masalah yang kurang menyenangkan seperti waktu tunggu antrian yang begitu lama sedangkan calon pelanggan tersebut sedang terhimpit waktu atau merupakan orang yang sibuk. Selain itu, demi meningkatnya kunjungan pelanggan, maka diperlukan suatu media yang lagsung dapat menyentuh calon pelanggan barbershop secara langsung. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan perlunya membangun perangkat lunak yang dapat membantu permasalahan pelanggan barbershop dan pengusaha barbershop yang sudah di paparkan sebelumnya. Perangkat lunak yang dibangun harus berjalan pada media yang mudah diakses dan dibawa kemana saja seperti smartphone. ID Barbershop adalah sebuah perangkat lunak online booking yang berjalan pada perangkat mobile. Perangkat lunak ID Barbershop dibangun menggunakan pemodelan berbasis objek untuk sistem mobile. Platform yang digunakan untuk sistem mobile adalah android, dengan pertimbangan bahwa android saat ini memiliki pengguna paling besar di dunia. Selain itu untuk mendukung kinerja perangkat lunak yang lebih baik, perangkat lunak ID Barbershop memanfaatkan teknologi pihak ketiga seperti GCM (Google Cloud Messanging) untuk menjalankan sebuah Push Notification dan teknologi Google Place untuk ketersediaan data lokasi barbershop. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode pengujian black box dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak ID Barbershop telah mempermudah pelanggan barbershop dalam memangkas waktu tunggu antrian di barbershop dengan cara melakukan online booking sesuai dengan waktu yang di inginkan oleh calon pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Barbershop, Pangkas Rambut, Online Booking, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53558

Actions (login required)

View Item View Item