Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada PT. Nusantara Indah Makmur Cabang Samarinda

Febryanto, Julio (2017) Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada PT. Nusantara Indah Makmur Cabang Samarinda.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Nusantara Indah Makmur adalah perusahaan yang bergerak pada distributor rokok skala nasional. Perusahaan ini berdiri tanggal 23 Maret 2007 dan telah memiliki 13 cabang yang tersebar di kota-kota Indonesia, salah satu diantaranya adalah cabang Samarinda. Kantor cabang Samarinda saat ini memiliki 4 depo yaitu : depo Balikpapan, depo Bontang, depo Kutai Timur,dan depo Kutai Barat. Perusahaan ini memiliki karyawan sebanyak 96 karyawan tetap dan 31 karyawan kontrak. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan Bapak M.Jaini selaku Area Manager menyatakan bahwa telah terjadi ketidaksesuaian jumlah kebutuhan karyawan dengan karyawan yang diterima dan karyawan yang telah diterima serta memenuhi syarat, tidak sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh perusahaan. Masalah lainnya adalah terdapat beberapa karyawan yang komplain mengenai penilaian kinerja karyawan, dikarenakan karyawan yang tidak memiliki kinerja yang cukup baik bisa memperoleh nilai yang bagus dan bisa diangkat menjadi karyawan tetap. Kesulitan juga ditemukan pada prosedur pengendalian cuti karyawan. Membantu Area Manager dalam menyeleksi pelamar, merekomendasikan keputusan penilaian kinerja karyawan, dan pengendalian cuti. Manajemen sumber daya manusia yang digunakan adalah POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Penerimaan karyawan dan pengendalian cuti dilakukan berdasarkan prosedur dan aturan bisnis perusahaan. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) merupakan metode yang digunakan untuk penilaian kinerja karyawan yang dilakukan oleh Area Manager dan menghasilkan akan digunakan untuk promosi jabatan, rotasi jabatan, mutasi jabatan, demosi jabatan dan pengangkatan karyawan kontrak ke tetap. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, UAT (User Acceptence Test) dan pengujian pengguna akhir penerapan di lingkungan perusahaan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan proses penerimaan karyawan, penilaian kinerja dan pengendalian cuti

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen,Sumber Daya Manusia, Manajemen POAC, Metode Analytical Hierarchy Process.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53565

Actions (login required)

View Item View Item