Implementasi sistem Pengamanan Sepeda Motor Menggunakan NFC (Near Filed Communication) Dan Mobitoring Menggunakan GPS (Global Positioning System) Berbasis Mikrokontroler

Saefudin F, Ahmad (2017) Implementasi sistem Pengamanan Sepeda Motor Menggunakan NFC (Near Filed Communication) Dan Mobitoring Menggunakan GPS (Global Positioning System) Berbasis Mikrokontroler.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sepeda motor termasuk barang berharga yang rawan terkena kasus kejahatan pencurian karena ketika kunci dari pabrikan berhasil dibuka maka otomatis sepeda motor sudah dapat dihidupkan selain itu ketika sepeda motor sudah berpindah tempat, pemilik kendaraan akan sulit menemukan kembali lokasi keberadaan sepeda motor berangkutan. Hal tersebut dapat diatasi dengan merancang sebuah sistem pengamanan sepeda motor menggunakan NFC dan monitoring menggunakan GPS. Perancangan ini dirancang untuk memaksimalkan pengamanan sepeda motor yang sudah disediakan pabrikan. Sistem ini akan mengirimkan pesan dengan format SMS (Short Message Service) ke smatrphone pengguna ketika sepeda motor pengguna mendapat gangguan seperti goncangan atau dipindahkan. Sistem ini menggunakan NFC reader yang dapat membaca NFC tag, NFC card, sticker NFC dan Smartphone support NFC yang digunakan sebagai kunci pendamping dari kunci kontak sepeda motor. Sistem ini menggunakan GPS sebagai media monitoring sepeda motor pengguna dimana pengguna bisa mengetahui letak keberadaan sepeda motor dalam bentuk map, kecepatan laju rata-rata sepeda motor berdasarkan data yang dikirimkan GPS, membatasi area atau radius yang dapat dilalui oleh sepeda motor dan mematikan sistem kelistrikan sepeda motor dari jarak jauh karena alasan tertentu melalui aplikasi yang dirancang untuk smartphone android. Pada penelitian sebelumnya sistem hanya mengirimkan data Latitude dan Longitude dalam format SMS sehingga pengguna harus memasukan data tersebut secara manual ke Google map. Sistem ini menggunakan baterai internal sehingga akan tetap berfungsi meskipun sepeda motor pengguna dalam keadaan mati. Sistem yang dirancang dapat memutus dan menghubungkan sistem pengapian sepeda motor dengan menggunakan NFC card dan NFC reader. Jarak baca maksimal antara NFC card dengan NFC reader adalah 4 cm. Sistem yang dirancang dapat menampilkan koordinat-koordinat yang sudah dilewati sepeda motor objek dan dapat melacak keberadaan terakhir sepeda motor objek dengan simpangan sebesar 3 meter dari lokasi sebenarnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: NFC, GPS, Smartphone, SMS, Sepeda Motor.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53581

Actions (login required)

View Item View Item