Usulan Perbaikan Proses Produksi PCB (Printed Circuit Board) Dengan Mereduksi Pemborosan Menggunakan Lean Manufakture Analysis Di PT. Elsa

Sandi Prasetyo, Eka (2017) Usulan Perbaikan Proses Produksi PCB (Printed Circuit Board) Dengan Mereduksi Pemborosan Menggunakan Lean Manufakture Analysis Di PT. Elsa.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Elektrindodaya Pakarnusa (PT. ELSA) merupakan salah satu perusahaan industri elektronik yang bergerak dalam bidang perancangan, pembuatan, penjualan, instalasi dan purna jual produk UPS, Telematika dan Robot Pendidikan. Dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumen yang tepat waktu PT. Elektrindodaya Pakarnusa (PT. ELSA) harus mengidentifikasi pemborosan �� pemborosan yang terjadi pada saat proses produksi berlangsung guna ketepatan waktu produksi yang diinginkan konsumen. Penelitian dilakukan menggunakan metode lean manufaktur untuk mengetahui pemborosan yang terjadi pada lantai produksi, menganalisis penyebab terjadinya pemborosan, serta memberikan usulan agar perusahaan melakukan perbaikan untuk mengurangi pemborosan pada proses produksi, kemudian dianalisis dengan metode 5S agar diketahui penyebabnya dan dapat dilakukanya perbaikan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 3 jenis pemborosan yaitu ,pemborosan motion, pemborosan transportasi, pemborosan delay, pemborosan yang terjadi di PT. ELSA. Dari total 26 kegiatan terdapat 16 kegiatan valeu added atau kegiatan yang memiliki nilai tambah (62 %), dan 10 kegiatan non valeu added (38 %) yang tidak memiliki nilai tambah. Dari total 10 pemborosan yang terjadi pada lantai produksi, terdapat 1 pemborosan motion atau 10% dari total pemborosan, terdapat 6 pemborosan transportation atau sebeesar 60%, dan terdapat 3 pemborosan waiting atau sebesar 30% dari total pemborosan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lean Manufaktur, Pemborosan, 5S.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53586

Actions (login required)

View Item View Item