Quality Control Pada Proses Manugaktur Dengan Menggunakan Analisis Zix Sigma Di PT. INdo Deli Pulp And Paper Mills Karawang

Diyana Wijayasari, Desty (2017) Quality Control Pada Proses Manugaktur Dengan Menggunakan Analisis Zix Sigma Di PT. INdo Deli Pulp And Paper Mills Karawang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada era globalisasi ini tentunya perusahaan sebagai suatu organisasi yang melingkupi bermacam-macam kegiatan proses produksi, dari bahan baku hingga barang jadi yang dapat dikonsumsi oleh konsumen melalui kegiatan transaksi. Perusahaan secara garis besar bertanggung jawab dalam berbagai kegiatan dan aktivitas yang ada di lantai produksi maupun pada bagian manajemen melalui barang atau jasa yang dihasilkan yang dapat mendukung tujuan suatu organisasi. PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pulp dan kertas di Indonesia. PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills mengolah bahan baku yaitu pulp menjadi beberapa macam jenis kertas, meliputi kertas printing dan kertas non printing. Jenis kertas bervariasi mulai dari art paper, art board, cast coated paper, dan cast coated board. Berdasarkan hasil wawancara dengan asisten manajer departemen quality control PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, terjadi masalah khususnya pada quality control di PM 2 jenis produk kertas yaitu kertas Original White 150 gsm, kertas Yellow 150 gsm dan kertas Lagoon 150 gsm. Metode six sigma dapat mengimplementasikan peningkatan kualitas yang terfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan secara terus menerus dengan melakukan berbagai perbaikan dengan mendalami suatu sistem atau ruang lingkup kegiatan produksi secara keseluruhan yang ada pada perusahaan. Tindakan perbaikan harus dilandasi dengan alasan dan bukti serta dokumentasi yang jelas, agar memudahkan untuk menganalisis dan melihat progress perbaikan serta memutuskan pengambilan keputusan guna perbaikan yang berkesinambungan. Berlatar belakang hal tersebut, diperlukan analisis serta metode yang dapat membantu pengambilan keputusan berdasarkan kondisi yang dialami PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan narasumber di perusahaan tersebut, dapat diketahui bahwa metode yang dipakai di perusahaan untuk melakukan improvement. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills Terdapat 7 jenis CTQ yang terjadi yaitu creasing, wavy, garis hitam, dekok, botak, karat dan dirt. Nilai level sigma untuk produk original white mendapatkan nilai 3,95. Nilai ini sudah sangat baik untuk perusahaan yang masih berkembang karena telah melebih level standar untuk Indonesia yaitu 3 sigma. Nilai DPMO sebanyak 7215 nilai tersebut menunjukan dari 1 juta produk yang diproduksi kemungkinan terjadi cacat sebanyak 7215.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, Quality Control
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53587

Actions (login required)

View Item View Item