Analisis Perbaikan Antrian Untuk Pemerosesan Paspor Menggunakan Model Simulasi Di Kantor Imigrasi Klas 1 Bandung

Lutfi Adimulya, Mohamad (2017) Analisis Perbaikan Antrian Untuk Pemerosesan Paspor Menggunakan Model Simulasi Di Kantor Imigrasi Klas 1 Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kantor Imigrasi Kelas I Bandung merupakan salah satu lembaga penting dalam pelaksanaan pelayanan dan pengawasan Keimigrasian di wilayah Kota Bandung. Kantor imgrasi Bandung menyediakan pelayanan publik bagi WNI maupun WNA yang mau menetap atau pergi keluar negeri, ada beberapa pelayanan yang di berikan oleh kantor imigrasi seperti; surat permohonan paspor, surat keterangan keimigrasian, paspor untuk calon jemaah haji, layanan visa, izin tinggal. Permohonan pembuatan paspor WNI di kantor imigrasi diprioritaskan karena banyaknya masyarakat yang ingin membuat paspor, hal ini menjadi masalah bagi masyarakat ketika mereka harus berlomba-lomba sepagi mungkin untuk mengambil tiket antrian mulai jam 5 pagi, antrian pendaftaran yang panjang, waktu menunggu pelayanan yang lama dan adanya petugas yang bekerja sampai malam hari di karenakan pemohon yang masih menunggu untuk dilayani. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang suatu model simulasi yang dapat membantu proses evaluasi dan perbaikan pelayanan pembuatan paspor, meliputi analisis performansi sistem aktual, analisis jumlah loket yang maksimal dan analisis kapasitas maksimum loket pelayanan. Tahapan penelitian dimulai dengan mengumpulkan dan menganalisis data sistem meliputi data struktural, operasional dan numeris dana analisis statistik meliputi perancangan EFD, penentuan distribusi statistik dan penetapan siklus kedatangan. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan model simulasi menggunakan ProModel 2016, lalu dilakukan verifikasi dan validasi model. Selanjutnya dilakukan eksperimentasi terhadap model berdasarkan tujuan penelitian yang ditetapkan, hasil eksperimentasi kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulanm Analisis terhadap hasil eksperimentasi model simulasi menunjukan utilisai sebesar 40,45 % dengan utilisasi loket 1 sebesar 40,91%, utilisasi loket 2 sebesar 41,92%, utilisasi loket 3 sebesar 41,24%, utilisasi loket 4 sebesar 40,87%, utilisasi loket 5 sebesar 40,02%, utilisasi loket 6 sebesar 42,85%, utilisasi loket 7 sebesar 41,33%, utilisasi loket 8 sebesar 46,10%, utilisasi loket 9 sebesar 44,91%, utilisasi loket 10 sebesar 37,84%, utilisasi loket 11 sebesar 46,82%, utilisasi loket 12 sebesar 45,90%, utilisasi loket 13 sebesar 47,30%, utilisasi loket 14 sebesar 46,7%. Dengan utilisasi tersebut bahwa simulasi tersebut didapat total entitiy pada kedatangan 853 pemohon dan rata rata semua pemohon yang selesai di layani pada jam 16:00. Terlihat bahwa dengan penambahan 4 loket jumlah waktu pelayanan yang terlayani sangan berpengaruh Kata kunci: Promodel, model simulasi,Utilisasi, Experimentasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Promodel, model simulasi,Utilisasi, Experimentasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53590

Actions (login required)

View Item View Item