Usulan Strategi Pemasaran Produk Dodol Di PD. Winda Putra

Nasrudin, Muhamad (2017) Usulan Strategi Pemasaran Produk Dodol Di PD. Winda Putra.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PD. Winda Putra merupakan perusahaan home industri yang ada di kota Garut yang bergerak dalam bidang pembuatan dodol, dalam segi pemasaran saat ini perusahaan masih menggunakan pemasaran secara langsung (door to door) dengan cara menemui toko-toko yang ada di Garut, maupun yang ada di luar Garut. Perusahaan mempunyai 8 varian rasa produk dodol, dari mulai dodol rasa ketan susu, dodol kacang coklat, dodol coklat wijen, dodol pisang, dodol strawberry, nanas, sirsak dan dodol melon. Dilihat dari data penjualan produk dodol pada tahun 2014-2015 adanya penurunan penjualan di tahun 2015 dibandingkan di tahun 2014, hal itu dapat disebabkan oleh strategi yang diterapkan oleh perusahaan saat ini belum efektif, serta banyaknya perusahaan pesaing yang bergerak sama dengan perusahaan dalam produksi makanan dodol, karena strategi yang diterapkan oleh perusahaan saat ini hanya berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh pemilik perusahaan, tanpa melihat potensi kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh perusahaan. Salah satu upaya untuk memperbaiki penurunan penjualan produk dodol yaitu dengan membuat strategi pemasaran baru yang lebih efektif, suatu metode yang dapat menentukan strategi yang tepat dalam bidang pemasaran, yaitu dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Analsis ini digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan. Dengan melihat kekuatan yang dimiliki, serta mengembangkan kekuatan tersebut, perusahaan dapat menentukan startegi pemasaran dari kekuatan dan peluang yang ada Dari hasil pengolahan data menggunakan analisis SWOT didapatkan empat usulan strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan yang pertama yaitu Strategi SO (Strengths-Opportunities), Strategi WO (Weakness- pportunities), Strategi ST (Strenghts-Threats) dan Strategi WT (Weakness-Threats)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Produk Dodol, Analisis SWOT.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53591

Actions (login required)

View Item View Item