Usulan Waktu Perawatan Bus Berdasarkan Kendalan Suku Cadang Kritis Di PT. Suryaputra Adirpradana

Darusman, Irfan (2017) Usulan Waktu Perawatan Bus Berdasarkan Kendalan Suku Cadang Kritis Di PT. Suryaputra Adirpradana.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Suryaputra Adipradana (Bus Pariwisata Bandung, Cirebon dan Jakarta) merupakan anak perusahaan dari PT. Suryaputra Sarana, authorized dealer Mitshubisi sejak tahun 1980. PT Suryaputra Adipradana adalah perusahaan jasa transportasi yang melayani penyewaan bus pariwisata di wilayah Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera. Dengan armada yang dimiliki lebih dari 70 unit dengan beberapa class berbeda setiap unitnya. Perawatan yang di lakukan pada bus medium di PT Suryaputra sendiri masih dilakukan dengan corrective maintenance dimana melakukan penggantian suku cadang ketika suku cadang tersebut rusak, sangat disayangkan jika perawatan suku cadang masih dilakukan secara corrective maintenance karena tingkat keandalan tidak dapat diprediksi. Untuk pemilihan suku cadang kritis jdidasarkan pada harga terbesar dimana suku cadang axle & differential lah yang terpilih. Cara menentukan waktu dan tingkat keandalan suku cadang yaitu menggunakan konsep reliability (keandalan) dan maintainbility, menggunakan rumus MTTF (Mean Time To Failure) dan MTTR (Mean Time To Repair). MTTF ini digunakan untuk menghitung waktu dan tingkat keandalan suku cadang kritis. Sementara MTTR digunakan untuk menghitung waktu rata-rata dilakukannya perbaikan. Dengan menggunakan rumus mean time to failure dan mean time to repair didapatkan bahwa waktu rata-rata kerusakan suku cadang axle & differential adalah 243, 8 jam dan waktu rata-rata perbaikan adalah 3,3 jam. Untuk tingkat keandalan dari nilai MTTF sebesar 243,8 jam hanya sebesar 40,9%. Pada keandalan 90% perawatan dapat dilakukan setiap suku cadang beroperasi selama 123 jam atau 6150 KM, sementara untuk keandalan 80%, perawatan dapat dilakukan setiap 160 jam operasi atau 8000 KM dan untuk keandalan 70%, perawatan dapat dilakukan setiap 199 jam atau 9950 KM .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reliability, Maintainbility, Suku Cadang Kritis, Mean Time To Failure, Mean Time To Repair, Maintenance.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53592

Actions (login required)

View Item View Item