Analisis Posisi Kerja Operator Dilantai Produksi Departemen Mekanik Menggunakan Metode Nordic Dan Rula Di PT. Elektrindodaya Pakarnusa

Syahid, Sukmadi (2017) Analisis Posisi Kerja Operator Dilantai Produksi Departemen Mekanik Menggunakan Metode Nordic Dan Rula Di PT. Elektrindodaya Pakarnusa.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Elektrindodaya Pakarnusa Bandung merupakan salah satu perushaan industri elektronik yang bergerak dalam bidang perancangan, pembuatan, penjualan, instalasi dan purna jual. Operator merupakan salah satu sumber daya yang utama yang harus diperhatikan, karena pada kenyataannya beban yang ditanggung pada saat bekerja berbeda-beda. Berkaitan dengan hal itu, maka penulis akan menganalisis keluhan sakit pada bagian tubuh operator, serta postur tubuh operator pada saat bekerja apakah sudah benar atau belum. Perencanaan postur tubuh yang baik diharapkan dapat membantu operator dalam menjaga kesehatannya, sehingga untuk masa yang akan datang operator bisa bekeja secara maksimal dan produk yang dihasilkan memuaskan. Melihat permasalahan tersebut maka penulis akan menganalisis dengan menggunakan metode Nordic dan RULA. Nordic merupakan metode pengukuran subjektif untuk menilai keluhan yang dirasakan oleh pekerja. Sedangkan RULA (Rapid Upper Limb Assesment) adalah sebuah metode survei yang dikembangkan untuk kegunaan investigasi ergonomi pada tempat kerja dimana penyakit otot rangka pada tubuh bagian atas yang terkait kerja teridentifikasi. Hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan dengan mengumpulkan data kuesioner nordic kemudian direkapitulasi untuk mengetahui bagian tubuh mana saja yang mengalami keluhan sakit. Pengolahan data menggunakan RULA dengan mengamati langsung operator yang sedang bekerja kemudian dibuat sketsa gambar postur tubuh operator untuk pengolahan di worksheet RULA, dari hasil skor yang didapatkan pada worksheet akan terlihat apakah postur kerja tersebut diperlukan perubahan atau tidak. Keluhan yang dirasakan operator dalam jangka waktu 12 bulan terakhir mengakibatkan beberapa keluhan rasa sakit di beberapa bagian tubuh tertentu. Secara umum keluhan yang dirasakan operator sangat beragam, hampir tersebar di seluruh bagian tubuh operator. Akan tetapi dari semua divisi yang ada, keluhan yang paling banyak dirasakan operator yaitu pada bagian punggung atas dan punggung bawah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nordic, Operator, RULA (Rapid Upper Limb Assesment)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53594

Actions (login required)

View Item View Item