Optimasi Marjin Kotor Dengan Menentukan Proporsi Minyak Mentah Menggunakan Metode Pemrograman Non-Linear Di PT. Pertamina (Persero)

Nurullah, Irham (2017) Optimasi Marjin Kotor Dengan Menentukan Proporsi Minyak Mentah Menggunakan Metode Pemrograman Non-Linear Di PT. Pertamina (Persero).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Unit proses pengolahan yang berada di Jawa Barat salah satunya adalah RU VI Balongan. Unit proses pengolahan PT Pertamina ini memiliki kapasitas produksi 125 MB. Unit proses memakai bahan baku utama sebagai input proses yaitu crude oil yang harus ditentukan jumlah masing-masing crude yang optimal. Komposisi crude oil yang optimal selanjutnya diolah melalui proses split, blending, penyulingan, dan proses-proses lainnya sehingga menghasilkan produk jadi seperti Premium, Pertamax, LPG, dan lainnya. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data yang diperlukan untuk membuat Prototype model Spreadsheet analitis, data yang telah dikumpulkan berupa hasil STS (Short Term Survey) periode tertentu dan alur proses produk dimulai dari input hingga output, kemudian data diolah dengan melihat permasalahan yang terjadi, permasalahan tersebut kemudian diterjemahkan melalui Rich Picture Diagrams dan Influence Diagrams agar lebih mudah memahami bagaimana hubungan setiap proses terjadi Prototype yang dibuat akan membantu perencanaan proses produksi karena dengan membuat model simulasi komputer, setiap alternatif kebijakan yang dilakukan dapat disimulasikan untuk melihat hasil performansi tanpa harus menerapkannya secara langsung pada sistem nyata. Dengan membuat model simulasi ini diharapkan akan mengurangi kerugian karena kebijakan yang tidak akurat dan untuk mendapatkan solusi optimal dari alternatif kebijakan yang akan dibuat. Output model Spreadsheet menunjukan angka Gross Margin optimal hasil solver lebih tinggi sebesar 6% dari STS dikarenakan penentuan proporsi optimal yang dilakukan solver memaksimalkan pendapatan maka dari itu solver menemakan biaya pengeluaran agar lebih murah, selanjutnya alokasi volume produk yang dihasilkan memiliki batasan demand pada masing-masing produk dan solver lebih mengalokasikan volume produk yang memiliki harga jual yang diperhitungkan yang berpelukan memberikan keuntungan cukup besar kepada perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Gross Margin, Model Spreadsheet, Solver
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53595

Actions (login required)

View Item View Item