Transformasi Identitas Anggota Komunitas Bandung Blues Society (Studi Fenomenologi Transformasi Identitas Anggota Komunitas Bandung Blues Society di Kota Bandung)

Widhistira, Rian (2016) Transformasi Identitas Anggota Komunitas Bandung Blues Society (Studi Fenomenologi Transformasi Identitas Anggota Komunitas Bandung Blues Society di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini memiliki berbagai tujuan, Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Proses Transformasi Identitas Anggota Komunitas Bandung Blues Society di Kota Bandung, Penelitian ini dirancang untuk menjawab permasalahan di atas, maka penelitian ini mempunyai sub fokus pada hal berikut: Sebelum Transformasi Identitas, Diri (self), Setelah Transformasi Identitas. Sub fokus digunakan untuk mengukur fokus dari penelitian ini yang berjudul Transformasi Identitas Anggota Komunitas Bandung Blues Society di Kota Bandung. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi Fenomenologi, dengan Anggota Komunitas Bandung Blues Society sebagai subyek utama. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, jumlah informan dari penelitian ini adalah 4 (empat) Ketua BBS, Anggota BBS, Masyarakat dan untuk memperjelas dan memperkuat data informan, ada 4 (empat) orang sebagai informan kunci, yaitu Penggerak musik blues dan Orang tua. Data penelitian diperoleh melalui pencarian data dengan cara observasi, wawancara, buku, dokumentasi dan pencarian online. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, waktu, diskusi dengan teman sejawat dan memberchek. Teknik analisis data adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Sebelum Transformasi identitas adalah proses pengembangan sebetulnya meliputi prilaku, sikap, mind set maupun budaya luar yang dihadirkan dalam mencangkup sisi perubahan diri seseorang pada anggota Bandung Blues Society. Diri (self) adalah fase dimana seseorang akan bertanya dalam dirinya untuk mencari jati diri menuju arah kemana dia akan melangkah apakah dia akan kembali kepada identitas sebelumnya atau melangkah kedepan menuju suatu perubahan pada dirinya dan itu akan menjadi sebuah pilihan dalam hidup seseorang anggota komunitas bandung blues society. Setelah Trasnformasi Identitas adalah fase akhir dimana anggota komunitas Bandung blues society melakukan perubahan secara signifikan dia akan menemukan hal-hal yang baru baik itu berupa pengalaman dan budaya blues. Sebagai Kesimpulan, tanpa adanya proses tahap-tahap fase yang mempengaruhi dan membuat diri seseorang berubah untuk menjadi apa yang dia inginkan, maka setiap perubahan itu akan sulit dipahami oleh diri sendiri maupun orang terdekat tanpa adanya pendekatan dengan fase-fase perubahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Bandung Blues Society, Transformasi Identitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item