Perancangan Informasi Pemanfaatan Limbah Kotoran Dan Sampah Organik Menjadi Bahan Bakar Alternatif Dengan metode Biogas Melalui Media Buku

Rahmadi, Dadi (2017) Perancangan Informasi Pemanfaatan Limbah Kotoran Dan Sampah Organik Menjadi Bahan Bakar Alternatif Dengan metode Biogas Melalui Media Buku.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kenaikan harga bahan bakar minyak seperti, minyak tanah dan gas elpiji untuk rumah tangga naik sangat drastis. Di sisi lain, dengan meningkatnya kebutuhan persediaan BBM juga sempat langka di beberapa tempat di Indonesia terutama di daerah pedesaan. Menjadi sebuah tantangan yang dihadapi masyarakat pedesaan untuk bisa mencari alternatif. Biogas merupakan sebuah alternatif yang sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa yang ingin memanfaatkan limbah kotoran dan limbah organik untuk di jadikan sebuah energi alternatif. Dengan itu, setiap penduduk pedesaan tidak perlu membeli dan mencari bahan bakar minyak dan gas elpiji. Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi yang relatif kurang oksigen (anaerob). Pada umumnya semua jenis bahan organik bisa diproses untuk menghasilkan biogas, bahan organik padat, cair seperti kotoran dan air kencing hewan ternak dan sampah organik, sisa makanan atau sayuran busuk sangat cocok untuk sistem biogas. Dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, pada perancangan ini akan dibuat media informasi mengenai deskripsi, instruksi, manfaat, maupun tata cara agar bisa memanfaatkan limbah kotoran dan sampah organik menjadi energi alternatif dengan menggunakan metode biogas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Energi, Alternatif, Gas, Biogas, Masyarakat, Desa.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53639

Actions (login required)

View Item View Item