Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dan Implikasinya Pada Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah

Asri Kurnia, Fitria (2017) Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dan Implikasinya Pada Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada dinas kabupaten bandung barat dengan responden 66 orang. Fenomena yang terjadi adalah 2016 terdapat empat kota/kabupaten di Jawa Barat yang terindikasi bermasalah dalam penyusunan LKPD. Temuan BPK tersebut terungkap dalam LHP BPK RI atas LKPD tahun 2015 yang disampaikan kepada 4 DPRD Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Keempat daerah bermasalah tersebut salah satunya ialah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Dari temuan tersebut memperlihatkan bahwa tingkat kepatuhan dan ketaatan instansi pemerintah masih belum maksimal. Hal ini tentu menimbulkan dampak negative kepercayaan publik terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji seberapa besar pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan serta Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Survei pada Dinas Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis jalur, uji validitas, uji reliabilitas, dan hipotesis menggunakan software IBM SPSS Statistic V.23. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem Akuntansi Keuangan Daerah berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kualitas laporan keuangan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap akuntabilitas kinerja iinstansi pemerintah pada Dinas Kabupaten Bandung Barat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Keuangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53667

Actions (login required)

View Item View Item