Pengaruh Compliance Cost Dan Pemahaman Wajib Pajak terhadap Self Asessment System (studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Soreang)

Devi Kartikasari, Agnes (2017) Pengaruh Compliance Cost Dan Pemahaman Wajib Pajak terhadap Self Asessment System (studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Soreang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak sebagaimana yang telah diketahui memiliki peranan penting dalam penerimaan Negara. Sebagai salah satu unsur penerimaan Negara, pajak memiliki peranan penting dan sangat diandalkan untuk kepentingan pembangunan dan membiayai pengeluaran pemerintah. Saat ini, sistem pemungutan pajak di Indonesia menggunakan Self Assessment System, yaitu mendaftarkan, menetapkan, menghitung, membayar, dan melaporkan sendiri kewajiban perpajakannya. Namun masalah yang seringkali terjadi yang menimbulkan terhambatnya Self Assessment System dapat terlaksana dengan baik adalah adanya wajib pajak yang masih belum memahami mengenai Self Assessment System, serta tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kewajiban perpajakannya turut mengakibatkan wajib pajak enggan melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik. Dalam memenuhi kewajiban dan hak perpajakannya, wajib pajak mengeluarkan sejumlah biaya yg biasa disebut Compliance Cost. Idealnya, biaya-biaya yang dikeluarkan oleh wajib pajak tidak memberatkan dan menjadi faktor penghambat wajib pajak untuk melakukan kewajiban perpajakannya. Selain itu wajib pajak juga harus memahami mengenai sistem perpajakan yang digunakan di Indonesia yaitu Self Assessment System. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Compliance Cost memberikan pengaruh positif sebesar 3,71% dengan tingkat keeratan korelasi yang rendah yaitu 0,2777, serta Pemahaman Wajib Pajak memberikan pengaruh sebesar 28,49% dengan tingkat keeratan korelasi yang sangat sedang yaitu sebesar 0,56.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Compliance Cost, Pemahaman Wajib Pajak, Self Assessment System
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53679

Actions (login required)

View Item View Item