Tinjauan Yuridis Tentang Persaingan Usaha Tidak Sehat Dalam Pendirian Bisnis Ritel Modern Di Kota Bandung Dihubungkan Dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan usaha Tidak Sehat Juncto Peraturan Daerah Kota B

Kusumah Wardani, Igga (2017) Tinjauan Yuridis Tentang Persaingan Usaha Tidak Sehat Dalam Pendirian Bisnis Ritel Modern Di Kota Bandung Dihubungkan Dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan usaha Tidak Sehat Juncto Peraturan Daerah Kota B.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan usaha adalah kondisi dimana terdapat dua pihak atau lebih berusaha untuk saling bersaing dalam mencapai tujuan yang sama dalam suatu usaha tertentu, salah satunya terkait bisnis ritel modern yang sedang mendominasi pasar khususnya di Bandung. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat mengatur agar tidak terjadinya persaingan usaha tidak sehat yang menyebabkan timbulnya kerugian dan terintimidasinya peritel tradisional, Kota Bandung juga memiliki peraturan yaitu Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 02 Tahun 2009 Tentang Penataan Pasar Tradisional, Pusat Pembelanjaan dan Toko modern mengatur terkait jarak pendirian ritel modern dan tradisional agar terjadinya persaingan yang sehat. Namun pada prakteknya, masih sangat banyak terjadi pelanggaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pengaturan jarak pendirian bisnis ritel di kota Bandung ditinjau dari Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 02 Tahun 2009 Tentang Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern dan efektivitas pengaturan bisnis ritel modern sebagai bentuk persaingan tidak sehat Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah secara yuridis normatif, yaitu penelitian terhadap asas-asas hukum dilakukan dengan norma-norma hukum yang merupakan patokan untuk bertingkah laku atau melakukan perbuatan yang pantas ditunjang dengan alat pengumpul data berupa observasi dalam bentuk catatan lapangan atau catatan berkala. Peraturan Daerah Nomor 02 tahun 2009 Tentang Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern dibuat dengan tujuan dapat mengatur tata kelola keberadaan ritel modern dan ritel tradisional, namun demikian isi dari Peraturan Daerah tersebut masih belum dapat diterapkan dengan baik dan tidak efektiv dalam pelaksanaanya, sehingga berdampak terhadap persaingan usaha tidak sehat bagi ritel tradisional. Masih banyaknya pelanggaran yang terjadi dalam usaha ritel menyebabkan banyak pihak yang dirugikan, termasuk peritel tradisional. sedangkan hukum berkaitan dengan pengaturan persaingan usaha masih belum diperbaiki. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat pada praktekya masih belum bisa menangani permasalahan dan pelanggaran yang ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Yuridis Persaingan Usaha Tidak Sehat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Hukum > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53690

Actions (login required)

View Item View Item