Kebijakan Keamanan Energi Tiongkok (Studi Kasus: Ekaspansi China National Petroleum Corporation (CNPC) Di Kazakhstan 1997-2011)

Heiryah Afiff, Fauziah (2017) Kebijakan Keamanan Energi Tiongkok (Studi Kasus: Ekaspansi China National Petroleum Corporation (CNPC) Di Kazakhstan 1997-2011).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menganalisis strategi keamanan energi Tiongkok dalam memenuhi kebutuhan domestiknya. Pertumbuhan ekonomi yang pesat membuat konsumsi energy khususnya minyak bumi negara ini semakin meningkat. Akan tetapi hal ini tidak diikuti dengan kemampuan Tiongkok untuk memenuhi konsumsi minyak bumi secara mandiri dan membuat negara ini memiliki ketergantungan yang tinggi akan impor minyak bumi. Oleh karena itu penulis akan menganalisis kebijakan keamanan energi yang di keluarkan oleh Tiongkok melalui badan perusahaan minyak milik Tiongkok yaitu China National Petroleum Corporation (CNPC) untuk menjamin ketersediaan suplai energinya agar perekonomian Tiongkok dapat terus berjalan dengan lancar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan studi literatur serta penelusuran website. Hasil penelitian ini menunjukan kebijakan going out, Loan for oil dan transnational oil pipe line menjadi inti kebijakan luar negeri Tiongkok untuk mendukung supply energinya dimasa mendatang. Dengan ketiga kebijakan tersebut Tiongkok berhasil menjalin kesepakatan-kesepakatan minyak jangka panjang dengan Kazakhstan. Dengan terjalinnya Kemitraan strategis ini, Tiongkok membantu Kazakhstan dalam politik dan perekonomian. Sehingga kerjasama Tiongkok dan Kazakhstan mendatangkan keuntungan bagi dua belah pihak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Keamanan Energi, Ekspansi CNPC, Kazakhstan, Tiongkok
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53701

Actions (login required)

View Item View Item