Implementasi Kebijakan Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 70.A Tahun 2015 Tentang Desa Berbudaya (Studi Pada Peraturan Jam Malam)

Dewantara, Sandy (2017) Implementasi Kebijakan Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 70.A Tahun 2015 Tentang Desa Berbudaya (Studi Pada Peraturan Jam Malam).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini beranjak dari permasalahan tentang perkembangan zaman terhadap pergaulan dan kesopanan di masyarakat khususnya anak muda di desa yang berada di lingkungan wilayah Kabupaten Purwakarta. Pergaulan anak muda yang diluar batas dan mudah terpengaruhi oleh budaya luar dapat mengakibatkan hilangnya nilai-nilai kearifan budaya lokal, seperti pasangan remaja yang berada diluar rumah hingga larut malam dan masyarakat yang bertamu hingga waktu malam, menjadi masalah yang terjadi di wilayah purwakarta. Upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam hal ini untuk dapat mencegah ataupun meminimalisir hilangnya kebudayaan lokal yang sekaligus memperkuat tugas, peranan dan fungsi Pemerintahan Desa belum terlaksana dengan baik hal ini dikarenakan masih adanya masyarakat yang berada diluar rumah diatas pukul 21.00 WIB. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi Kebijakan dari Edward III, dimana dalam teori ini untuk dapat melaksanakan suatu kebijakan secara maksimal maka di perlukan beberapa variabel yang meliputi Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, dan Struktur Organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah Purposive dan accidental. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan peraturan jam malam di enam desa di Kabupaten Purwakarta belum dapat dikatakan terlaksana dengan baik, hal ini diketahui dari permasalahan yang ada dilapangan baik itu dalam hal kepatuhan aparatur pelaksana, insentif terhadap aparatur ataupun masyarakat dan dalam hal prosedur pelaksanaan bagi aparatur dalam mengimplementasikan peraturan jam malam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Peraturan, Jam malam
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53709

Actions (login required)

View Item View Item