Implementasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2009 Tentang Penataan Pasar Tradisional Pusat Pembelajaan Dan Toko Modern Di Kota Bandung (Studi Tentang Penataan Minimarket)

Kusdinar Akbar, Dania (2017) Implementasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2009 Tentang Penataan Pasar Tradisional Pusat Pembelajaan Dan Toko Modern Di Kota Bandung (Studi Tentang Penataan Minimarket).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini beranjak dari adanya masalah mengenai penataan minimarket di Kota Bandung. Jarak minimarket yang berdekatan dengan pasar tradisional membuat pertumbuhan minimarket di Kota Bandung terus meningkat. Selain itu jarak antara minimarket satu dengan yang lainya saling berdekatan. Permasalahan lainya adanya minimarket yang beroperasi tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Penelitian ini dilakukan di Kec.Cibeunying Kidul Kota Bandung Khususnya di sekitar kawasan pasar Cicadas. Peraturan penataan minimarket di Kota Bandung di atur dalam Perda Kota Bandung No.02 Tahun 2009, tentang Penataan Pasar Tradisional, Pusat Pembelanjaan dan Pasar modern. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari Edward III. Menurutnya keberhasilan pelaksanaan kebijakan dilihat dari beberapa indikator yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive untuk aparatur pemerintahan dan juga untuk pemilik modal di perusahaan minimarket, serta accidental untuk masyarakat/pedagang pasar tradisional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan Perda ini belum optimal dan masih terdapat permasalahan yang terjadi di lapangan. Permasalahan tersebut dari segi komunikasi yaitu penyampaian informasi, dari segi sumber daya yaitu sumber daya manusia, dari segi disposisi yaitu insentif dan dari segi struktur birokrasi yaitu mengenai SOP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, Penataan minimarket, Edward III
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53710

Actions (login required)

View Item View Item