Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Bandung

Lutfiana, Nunik (2017) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Bandung. Pada Implementasi Perda tersebut, masih banyak mengalami hambatan mulai dari kurangnya sosialisasi, sehingga masyarakat kurang mengetahui mengenai Perda Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Penelitian ini menggunakan teori Edward III yang menyebutkan bahwa ada empat faktor yang merupakan syarat utama keberhasilan proses implementasi, yakni komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan informan, digunakan teknik purposive yang ditunjukkan oleh aparatur, teknik accidental yang ditujukan kepada masyarakat dan pemilik ritel. Hasil penelitian menunjukkan, Implementasi perda tersebut belum efektif, terlihat dari kurangnya sosialisasi yang dilakukan, kurangnya sumberdaya, tidak adanya insentif dari pemerintah, belum tersusunnya SOP yang jelas sehingga mengalami keterlambatan pada pelaksanaannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Peraturan Daerah, Kantong Palstik, Plastik.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53711

Actions (login required)

View Item View Item