Kualitas Pelayanan Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Cimahi

Sagita, Dea (2017) Kualitas Pelayanan Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Bank Sampah Induk Cimahi (Bank Samici) merupakan program yang didirikan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi sebagai bentuk upaya untuk membantu mengurangi peningkatan volume jumlah sampah yang semakin meningkat di Kota Cimahi. Namun pada perjalanannya timbul permasalahan ketika jumlah nasabah Program Bank Sampah Induk Cimahi (Bank Samici) mengalami peningkatan yang mengakibatkan ketidak seimbangan antara kendaraan operasional penjemput sampah dengan jumlah sampah yang harus diangkut . Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Parasuraman dan Berry yang di dalamnya terdapat 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan (SERVIQUAL) yaitu: Tangibles (Bukti fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya tanggap), Assurance (Jaminan dan Kepastian), dan Empathy (Perhatian). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi, dokumentasi, dan wawancara Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti adalah Purposive dan accidental. Hasil penelitian menyatakan bahwa bukti fisik berupa fasilitas fisik, peralatan, pegawai dan sarana komunikasi telah berjalan sudah cukup baik. Kehandalan yang merupakan kesigapan, pelayanan yang akurat dan pelayanan yang memuaskan berjalan cukup baik. Ketanggapan berupa kesediaan membantu serta memberikan pelayanan tepat telah berjalan sudah baik. Jaminan kepastian yang berupa pengetahuan, kesopanan, kemampuan dan sifat dapat dipercaya oleh masyarakat telah berjalan sudah baik dan empati yang berupa kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi, serta dapat memahami kebutuhan masyarakat atau nasabah berjalan cukup baik. Dengan demikian Kualitas Pelayanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi Pada Program Bank Sampah Induk Cimahi (Bank Samici) berjalan dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Program Bank Samici.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53712

Actions (login required)

View Item View Item