Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Penyelanggaraan Ketertiban Kebersihan Dan keindahan (Studi Tentang Penyediaan Kawasan Tanpa Rokok Pada Taman Lingkungan Di Kota Bandung)

Ghofidqi, Irfan (2017) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Penyelanggaraan Ketertiban Kebersihan Dan keindahan (Studi Tentang Penyediaan Kawasan Tanpa Rokok Pada Taman Lingkungan Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2005 tentang penyelenggaraan ketertiban kebersihan dan keindahan khususnya mengenai penyediaan kawasan tanpa rokok pada taman lingkungan di sekitar Kota Bandung. Seiring jumlah perokok aktip yang meningkat setiap tahunya mengakibatkan kerugian pada perokok pasif di sekitarnya, penyedian kawasan tanpa rokok sebagai bentuk pencegahan dari berbagai masalah penyakit pernapasan dan dampak penyakit lainya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari George C Edward III. Menurutnya terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan adalah komunikasi, sumber daya, sikap dan watak, dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan secara purposive dan accidental, secara purposive bagi Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung dan Secara accidental bagi masyarakat yang berada di taman lingkungan Kota Bandung.. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan Perda K3 khususnya mengenai penyediaan kawasan tanpa rokok pada taman di Kota Bandung belum terlaksana dengan baik. Hal ini di ketahui dalam beberapa faktor yaitu Komunikasi yang kurang baik antara aparatur dan masyarakat dan kurangnya tanda atau himbauan tentang larangan merokok di taman lingkungan. Sumber daya manusia yang kurang masih kurang memadai secara kuantitas. Kurangnya sikap dan komitmen dan dedikasi dari Aparatur pelaksana dalam melaksanakan kebijakan. Struktur birokrasi dan tidak adanya Sop yang jelas dalam proses pelaksanaan Perda K3 khususnya dalam pelaksanaan kawasan tanpa rokok pada taman di Kota Bandung

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijkan, Kawasan Tanpa Rokok,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53715

Actions (login required)

View Item View Item