Pengaruh Aktivitas Parkir Terhadap Volume Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Raya Kawasan Pasar Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung)

Purnama Nugraha, Rizal (2017) Pengaruh Aktivitas Parkir Terhadap Volume Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Raya Kawasan Pasar Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Jalan Raya Banjaran merupakan salah satu kawasan yang ada di wilayah Kabupaten Bandung dan memiliki volume intensitas kegiatan yang tinggi. Arus lalu lintas di sekitar kawasan jalan raya Banjaran sering mengalami permasalahan yang akhirnya menimbulkan kemacetan. Kurang berfungsinya terminal Banjaran sebagai prasarana transportasi untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dan juga sebagai tempat pergantian moda transportasi menyebabkan arus lalu lintas di jalan raya Banjaran relatif macet, selain itu adanya parkir pada bahu jalan atau badan jalan (on street parking) yang mengakibatkan adanya penyempitan pada ruas jalan raya banjaran sehingga mengurangi kapasitas jalan tersebut. Pada saat pergantian kendaraan (manuver) tersebut terjadilah pemadatan lalu lintas. Oleh karena itu penulis menganalisis pengaruh antara parkir terhadap volume lalu lintas. Untuk meningkatkan pelayanan, kondisi lalu lintas ini perlu diketahui volume lalu lintas dan aktivitas perparkirannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari aktivitas lalu lintas di kawasan pasar banjaran secara langsung. Pemilihan data diambil dengan menggunakan teknik penghitungan langsung pada rentan waktu 15 menit. Variabel-variabel yang diuji pengaruhnya dengan teknik korelasi dan regresi adalah volume lalu lintas yaitu variabel defendent (Y) berupa 4 titik pengamatan (titik A, B, C dan D) dengan kendaraan yang melintasi pada titik tersebut. Dan pengujian hubungan antara 4 titik dengan variabel indefendent (X) aktivitas lalu lintas yaitu sepeda motor dan mobil penumpang yang keluar masuk parkir dari dan ke titik tersebut. Sebagian besar kendaraan yang parkir adalah sepeda motor dan mobil penumpang. Kebanyakan sepeda motor dan mobil penumpang hanya melalui jalan raya Banjaran, dan banyak pula yang memarkirkan kendaraan untuk parkir pada badan jalan, sehingga menimbulkan penyempitan jalan dan kemacetan. Hasil pengujian antar variabel defendent (Y) berupa 4 titik lokasi parkir dan variabel indefendent (X) aktivitas keluar masuk kendaraan parkir adalah adanya pengaruh aktivitas parkir terhadap volume lalu lintas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: macet, parkir, sepeda motor, mobil penumpang, volume lalu lintas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53729

Actions (login required)

View Item View Item