Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru UNIKOM Berbasis Android

Sudrayana Hidayat, Endra (2017) Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru UNIKOM Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi pemasaran yang sedang menjadi primadona berbagai macam produk di dunia, hal ini dikarenakan perpaduan dari script pemrograman serta seni 3 Dimensi yang diwujudkan dalam sebuah aplikasi yang dapat menggambarkan serta mewujudkan sebuah kebutuhan aplikasi, sekaligus kreativitas kedalam sebuah aplikasi secara bersamaan. Teknologi Augmented Reality yang dapat memberikan kesan nyata kepada pemakainya, memungkinkan untuk membantu UNIKOM dalam mempromosikan gedung baru yang sedang dibuat. Dengan berbagai macam fitur yang tertanam didalam sebuah perangkat Android, membuat penciptaan sebuah aplikasi promosi dapat lebih bervariatif, salah satunya media promosi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi Augmented Reality yang dibangun berjalan pada platform mobile Android, dimana kamera akan bekerja sebagai sumber input dengan cara membaca dan melacak marker (penanda) dengan sistem tracking. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan gedung baru UNIKOM secara 3D, lalu selanjutnya pengguna dapat memilih ruangan yang ada di gedung baru UNIKOM. Selain itu pengguna dapat memilih berbagai jurusan yang tersedia, sehingga pengguna diharapkan mendapat informasi matakuliah, dosen, dan akreditasi dari masing-masing jurusan yang berada di Universitas Komputer Indonesia. Dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa sebesar 91 % pengguna dapat mengenal ruangan yang ada di gedung baru UNIKOM. Serta pengguna dapat mengetahui teknologi Augmented Reality sebagai media pengenalan terbarukan, selain media promosi yang telah tersedia seperti halnya brosur ataupun website.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, UNIKOM, marker, gedung, objek 3D.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53738

Actions (login required)

View Item View Item