Penilaian 5 Aspek Indeks Kebahagian Terkait Dengan Penyediaan Taman Sebagai Salah Satu Aspek Pendukung (Livable City) (Studi Kasus: 10 Taman Di Kota Bandung)

Prastica Abdullah, Iis (2017) Penilaian 5 Aspek Indeks Kebahagian Terkait Dengan Penyediaan Taman Sebagai Salah Satu Aspek Pendukung (Livable City) (Studi Kasus: 10 Taman Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Taman kota merupakan salah satu prinsip dasar untuk mewujudkan livable city. Pembangunan taman tematik di Kota Bandung merupakan salah satu upaya pembaharuan pada sektor hiburan maupun wisata untuk warga lokal dalam menumbuhkan kembali rasa sosial dan interaksi secara langsung antara warga yang dapat meningkatkan indeks kebahagiaan atau Index of Happiness Kota Bandung untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat berdasarkan tingkat kebahagiaan masyarakat hal itu diukur dari kombinasi 10 aspek kehidupan, yakni pekerjaan, pendapatan rumah tangga, kondisi rumah dan asset, pendidikan kesehatan, keharmonisan keluarga, hubungan sosial, ketersediaan waktu luang, kondisi lingkungan, dan kondisi keamanan. Terkait dengan penyediaan taman tematik hanya dinilai 5 aspek meliputi keharmonisan keluarga, hubungan sosial, kesehatan, kondisi lingkunga dan waktu luang. sebagai ukuran indeks kebahagiaan terkait dengan penyediaan taman tematik sebagai salah satu aspek pendukung livable city. Penilaian ini meliputi (10) taman tematik di Kota Bandung, yaitu Taman Film, Taman Lalu Lintas, Taman Balai Kota, Taman Lansia, Taman BBWS Citarum, Taman Fitnes, Taman Musik, Taman Vanda, Taman Superhero, Taman Photografi. Penilaian didasarkan pada presepsi masyarakat terhadap 5 aspek indeks kebahagiaan taman tematik dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu metode perhitungan interval dan uji crosstab. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa taman yang tidak memenuhi beberapa aspek indeks kebahagiaan :1. Aspek Keharmonisan Keluarga : Taman Musik dan Taman Foto 2. Aspek Hubungan Sosial : Taman Lalu Lintas dan Taman Balai Kota Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan arahan/rekomendasi bagi stakeholder Pemerintah Kota Bandung terhadap pemanfaatan serta pengelolaan khususnta taman-taman tematik yang ada di Kota Bandung dan memberikan gambaran mengenai sejauh mana pemanfaatan taman-taman tematik di Kota Bandung dalam pemenuhan aspek-aspek indeks kebahagiaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Taman kota, Taman tematik, Index of happiness
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53752

Actions (login required)

View Item View Item