Efektivitas Komunikasi Pembicaraan Melalui Kegiatan Chapel Rabu Di SMP Advent II Bandung Terhadap Perubahan Sikap Siswa SMP Advent II Bandung

Parlindungan Sinaga, Juan (2017) Efektivitas Komunikasi Pembicaraan Melalui Kegiatan Chapel Rabu Di SMP Advent II Bandung Terhadap Perubahan Sikap Siswa SMP Advent II Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan peneliti untuk mengetahui sejauhmana efektivitas komunikasi pembicara melalui Kegiatan Chapel Rabu di SMP Advent II Bandung terhadap perubahan sikap siswa siswi SMP Advent II Bandung. Untuk mengukur variabel X yaitu efektivitas komunikasi, peneliti menganalisa indikator seperti kredibilitas, isi pesan yang disampaikan, media yang digunakan dan untuk mengukur variabel Y yaitu perubahan sikap, peneliti mengukur komponen kognitif, komponen afektif dan komponen konatif siswa siswi SMP Advent II Bandung sebagai indikatornya. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif, metode survei dengan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, wawancara, studi kepustakaan, dan internet searching. Populasi penelitian adalah peserta Kegiatan Chapel Rabu yang merupakan siswa siswi SMP Advent II Bandung, yang berjumlah 100 orang. Dengan menggunakan Total Sampling, maka keseluruhan jumlah populasi dijadikan sampel yaitu 100 orang. Teknik analisis data menggunakan SPSS 21.0 yang dilakukan dengan perhitungan skor total tiap instrumen, analisis korelasi dan uji siginifikansi. Rumus yang digunakan adalah Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa besar korelasi antara (1) kredibilitas pembicara dengan perubahan sikap adalah 0,537 (sedang). Besar korelasi antara (2) isi pesan yang disampaikan pembicara dengan perubahan sikap adalah 0,623(kuat). Besar korelasi antara (3) media yang digunakan pembicara dengan perubahan sikap adalah 0,392 (rendah). Besar korelasi (4) efektivitas komunikasi pembicara melalui Kegiatan Chapel Rabu terhadap komponen kognitif adalah 0,541 (sedang). Besar korelasi (5) efektivitas komunikasi pembicara melalui Kegiatan Chapel Rabu terhadap komponen afektif adalah 0,667 (kuat). Besar korelasi (6) efektivitas komunikasi pembicara melalui Kegiatan Chapel Rabu terhadap komponen konatif adalah 0,124 (sangat rendah). Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis mengisyaratkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh. Untuk variabel efektivitas komunikasi pembicara dengan variabel komponen konatif didapati H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak ada pengaruh. Kesimpulan penelitian menunjukan, hubungan antara efektivitas komunikasi pembicara melalui Kegiatan Chapel Rabu di SMP Advent II Bandung terhadap perubahan sikap Siswa Siswi SMP Advent II Bandung, dengan korelasi sebesar 0,609 mempunyai pengaruh yang kuat, searah dan signifikan.Saran penelitian adalah pembicara yaitu guru-guru di SMP Advent II untuk menambah kualitas Kegiatan Chapel dapat dipertimbangkan dengan (1)mengadakan mini quiz, (2)penyebaran angket atau questioner untuk setiap pertemuan, dan (3)inovasi untuk slide, tidak hanya berupa tulisan tetapi dengan tayangan video atau film rohani agar lebih menarik. Sehingga tercapainya perubahan sikap ke arah yang positif di antara Siswa Siswi SMP Advent II Bandung tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi, Kredibilitas, Isi Pesan, Media, Perubahan Sikap, Komponen Kognitif, Komponen Afektif, Komponen Konatif.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53773

Actions (login required)

View Item View Item