Strategi Promosi Panitia Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016

Yunita, Indri (2017) Strategi Promosi Panitia Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ��Strategi Promosi Panitia Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016 Dalam Mensosialisasikan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Jawa Barat��. Sehingga untuk menjawab masalah di atas, maka peneliti menganalisa penggunaan iklan, proses pemasaran langsung, dan humas dalam panitia Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah panitia Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016 dan juga peserta dari acara Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016. Teknik penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan iklan untuk mempromosikan Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016 dilakukan dalam tiga fase dengan menggunakan berbagai media diantaranya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram; media eletronik radio; media cetak format kecil seperti brosur; dan media luar ruangan seperti spanduk, t-banner, dan baligo. Pemasaran langsung (direct marketing) dilakukan dengan dua cara yaitu penjualan langsung (direct sales) dan telemarketing. Humas menjalankan beberapa fungsinya dalam kepanitiaan antara lain menyusun iklan, melaksanakan roadshow, melaksanakan talkshow di radio, dan mengatur hubungan dengan media. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa strategi promosi yang dilakukan panitia Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016 terdiri dari aspek iklan, direct marketing, dan humas. Dan melalui ketiga aspek tersebut panitia dapat menarik atensi yang besar dari publik terhadap acara Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016 serta memberikan wawasan baru yang bermanfaat bagi publik mengenai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), walaupun masih ada kendala yakni dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM)-nya dan menyebabkan target peserta acara yang tidak tercapai. Selanjutnya saran kepada panitia Bandung Entrepreneurs Day (BED) 2016 yaitu agar menentukan lebih spesifik lagi segmentasi yang dituju sehingga penyampaian pesan dapat tersampaikan dengan efektif, dan menambah Sumber Daya Manusia (SDM)-nya untuk mencapai target dan hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Iklan, Pemasaran Langsung, Humas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53776

Actions (login required)

View Item View Item