Pembingkaian Berita Banjir Di Gedebage (Analisis Framing N. Entman Mengenai Pembingkaian Berita Pemerintah Kota Bandung dalam Mengatasi Banjir di Gedebage pada Media Online Tribunjabar.co.id dan Galamedianews.com Edisi 13 Maret 2016)

Fauzi Rani, Andita (2017) Pembingkaian Berita Banjir Di Gedebage (Analisis Framing N. Entman Mengenai Pembingkaian Berita Pemerintah Kota Bandung dalam Mengatasi Banjir di Gedebage pada Media Online Tribunjabar.co.id dan Galamedianews.com Edisi 13 Maret 2016).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian (framing) berita tentang berita banjir di Gedebage. Berita yang dianalisis sebanyak dua berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis framing model Robert N. Entman. Metode ini digunakan untuk menganalisis cara media massa mengkonstruksi realitas dengan mengidentifikasi pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab masalah, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tribunjabar.co.id pendefinisian masalah berita banjir di Gedebage adalah hal yang sering terjadi, karena tidak ada solusi jangka panjang yang diberikan oleh pemerintah, memperkirakan penyebab masalahnya adalah pemerintah hanya memberikan solusi jangka pendek untuk penangannya sementara solusi jangka panjangnya masih sebatas perencanaan, membuat keputusan moralnya yaitu masyarakat harus ikut membantu pemerintah dengan cara menjaga lingkungan, menekankan penyelesaian masalah yang ditawarkan adalah tindakan nyata dari pemerintah untuk memberikan solusi jangka panjang yang nyata. Sedangkan Galamedianews.com membingkai pendefinisian masalah mengenai banjir Gedebage sebagai banjir tahunan yang belum teratasi, memperkirakan penyebab masalahnya adalah efek dari pembangunan di sekitar Gedebage, membuat keputusan moralnya adalah menjaga lingkungan itu lebih baik kelangsungan hidup termasuk mencegah terjadinya banjir, menekankan penyelesaian masalahnya adalah pemerintah merealisasikan program-program yang sudah direncanakan untuk mengatasi banjir Gedebage. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembingkaian berita yang dilakukan oleh kedua media online tersebut, dalam membingkai isu banjir di Gedebage tribunjabar.co.id bersifat objektif tidak memihak kepada pemerintah maupun masyarakat, sedangkan galamedianews.com lebih bersifat subjektif dalam membingkai peristiwa tersebut karena lebih mengangkat citra positif dari Pemerintah Kota Bandung. Saran dari penelitian ini adalah Tribunjabar.co.id dan Galamedianews.com tetap menjaga keberimbangan suatu berita dengan cara menjaga independensi media dan harus memperhatikan 5W1H dalam setiap pemberitaan yang dimuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: framing, Robert N.Entman, berita banjir
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53779

Actions (login required)

View Item View Item