Strategi Komunikasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying Dalam Mensosialisasikan E-Filing Kepada Wajib Pajak Kota Bandung

R, and Rhindu Pelangi Arhastio, A (2017) Strategi Komunikasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying Dalam Mensosialisasikan E-Filing Kepada Wajib Pajak Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying dalam mensosialisasikan e-filing kepada Wajib Pajak Kota Bandung. Peneliti mengangkat subfokus rencana, tujuan, pesan, dan media untuk menjawab fokus penelitian yakni strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi nonpartisipatif, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Informan penelitian berjumlah 4 (empat) orang berdasarkan pada teknik purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying memiliki rencana pelaksanaan sosialisasi e-filing berpedoman pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak dan Surat Edaran lalu mengidentifikasi sasaran yakni Wajib Pajak Pribadi dengan pembicara Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan serta account representative yang dilaksanakan sejak Januari hingga April 2016 di Aula Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying atau Instansi terkait dengan tujuan meningkatkan kepatuhan masyarakat (Wajib Pajak) dalam memenuhi kewajiban perpajakannya melalui pesan yang bersifat informative dan persuasive dengan penggunaan media visual x-banner dan phamplet serta audio-visual powerpoint dan video tutorial sebagai saluran penyampaian pesan. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa strategi komunikasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying oleh Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan berawal dari penetapan rencana tanpa melupakan tujuan untuk menetapkan pesan dengan menggunakan media yang tepat. Peneliti menyarankan agar terjadi penambahan tenaga penyuluh di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying agar sosialisasi e-filing terlaksana secara merata kepada semua instansi dengan mengenalkan kembali tentang pajak dan menggunakan media visual secara maksimal sehingga pesan akan terekam pada benak peserta serta membantu membangun kepercayaan masyarakat terhadap instansi pajak dalam hal pelayanan publik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53781

Actions (login required)

View Item View Item