Konsep Diri Mahasiswa pendaki Gunung (Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Mahasiswa Pendaki Gunung Di Universitas Komputer Indonesia)

Ibrahim, Yusuf (2017) Konsep Diri Mahasiswa pendaki Gunung (Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Mahasiswa Pendaki Gunung Di Universitas Komputer Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peneltian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui konsep diri dari mahasiswa pendaki gunung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mahasiswa pendaki gunung memaknai dirinya sebagai mahasiswa pendaki di universitas komputer indonesia. Untuk mengetahui bagaimana significant other dalam membentuk konsep diri mahasiswa pendaki gunung di universitas komputer indonesia. Bagaimana reference group dalam membentuk konsep diri mahasiswa pendaki gunung di universitas komputer indonesia.Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, informan yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang. Data di peroleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan, internet searching, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi, dan uji keabsahannya data melalui perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa pendaki gunung memaknai diri nya sebagai seorang mahasiswa pada umumnya akan tetapi yang membedakan mereka memiliki hobi mendaki gunung. Significant other memaknai mahasiswa pendaki gunung yaitu seorang yang peduli terhadap lingkungan. Reference group memaknai bahwa seorang mahasiswa pendaki gunung seorang yang selalu ingin belajar. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa konsep diri dari mahasiswa pendaki gunung ini merupakan konsep diri positif, statement tersebut berdasarkan pengaruh positif dari significant other dan reference group dalam membentuk konsep diri mahasiswa pendaki gunung di universitas komputer indonesia. Unsur lain dalam membentuk konsep diri positif yaitu dari pandangan dirinya (self), significant other, dan reference group dalam memandang kegiatan mendaki gunung sebagai kegiatan yang positif. Saran yang dapat peneliti berikan kepada narasumber adalah mempertahankan dan meningkatkan kegiatan positif lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, deskriptif, mahasiswa pendaki gunung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53785

Actions (login required)

View Item View Item