Strategi Komuniksi Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat (studi Deskriptif Tentang Stretegi Komunikasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dalam Mensosialiasikan UU No. 14 Tahun 2008 Tentnag Keterbukaan Informasi Publik Kepada Masyarakat provinsi Jawa Bar

Febie Rosalia, Marta (2017) Strategi Komuniksi Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat (studi Deskriptif Tentang Stretegi Komunikasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dalam Mensosialiasikan UU No. 14 Tahun 2008 Tentnag Keterbukaan Informasi Publik Kepada Masyarakat provinsi Jawa Bar. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Dalam Mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Kepada Masyarakat Provinsi Jawa Barat. Untuk menjawab penelitian tersebut, maka diangkat sub fokus Komunikator, Pesan, Media, Efek dan Tujuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dimana metode kualitatif deskriptif menitik beratkan pada observasi dan suasana alamiah (natural setting). Dalam metode ini, peneliti terjun langsung ke lapangan, bertindak sebagai pengamat dengan membuat kategori perilaku, mengamati gejala, dan mencatatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi pustaka (referensi buku, skripsi peneliti terdahulu, dan internet searching) dan melalui studi lapangan (wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan dokumentasi). Teknik penentuan informan adalah melalui teknik Snow Ball. Hasil penelitian, bahwa Strategi Komunikasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dalam mensosialisasikan UU Keterbukaan Informasi Publik pada masyarakat Jawa Barat dengan menentukan komunikator utama (komisioner) dan pendukung (komunikator dari pihak luar yang konsentrasi pada Keterbukaan Informasi Publik), penyusunan pesan menggunakan bahasa sederhana, tidak berbelit-belit dan memasukan kasus mengenai program pemerintah yang tidak berjalan dengan baik, media yang digunakan adalah media elektronik (radio, televisi) dan media sosial (website, twitter, facebook), efek yang diterima yaitu terbentuknya pengetahuan dan kesadaran pentingnya Keterbukaan Informasi Publik, serta tujuan yang diingkinan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat adalah Badan Publik mengetahui tugasnya dan Masyarakat mengetahui haknya mengenai UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat melalui sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik yang terbentuk melalui tahapan penentuan komunikator, penyusunan pesan, pemilihan media, melihat efek dan tujuan yang diinginkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memiliki kesadaran bagi masyarakat Provinsi Jawa Barat mengenai pentingnya Keterbukaan Informasi Publik. Saran dari penelitian ini adalah Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat agar melakukan sosialisasi secara rutin sesuai jadwal yang sudah ditentukan, juga dilakukannya evaluasi saat kegiatan sosialiasasi berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Keterbukaan Informasi Publik, Masyarakat Provinsi Jawa Barat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53787

Actions (login required)

View Item View Item