Perancangan Model Simulasi Untuk Antispasi Penumpukan Kendaraan Pada Gerbang Keluar Tol Pasir Koja Kopo Buah Batu dan Mohammad Toha Di PT. Jasamarga (Persero) Bandung

Simanjorang, Ermantonius (2017) Perancangan Model Simulasi Untuk Antispasi Penumpukan Kendaraan Pada Gerbang Keluar Tol Pasir Koja Kopo Buah Batu dan Mohammad Toha Di PT. Jasamarga (Persero) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT.Jasamarga merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bertugas untuk membangun dan menyediakan pelayanan jalan tol. Pembangunan dan pelayanan jalan tol oleh PT.Jasamarga terbagi diberapa daerah salah satunya di daerah bandung. Bandung sendiri memiliki setidaknya enam lokasi gerbang tol, lima gerbang tol terletak di kota Bandung sedangkan sisanya terletak di Kabupaten Bandung. Gerbang tol bandung terdiri dari dua clutser dimana Mohammad Toha, Kopo, Buah Batu dan Pasir Koja merupakan clutser dua. Penelitian ini dilakukan pada gerbang tol clutser dua, karena gerbang tol ini juga merupakan akses utama menuju kota bandung. Oleh sebab itu sering terjadi penumpukan kendaraan. Dalam penelitian ini ingin menjawab pertanyaan bahwa berapa rata-rata pengguna jalan tol, berapa rata-rata pengguna gardu E-toll dan reguler dan berapa utilisasi gerbang per shift. Tahapan penelitian dimulai dengan mengumpulkan dan menganalisis data sistem meliputi data struktural, operasional dan numeris dana analisis statistik meliputi perancangan EFD, penentuan distribusi statistik dan penetapan siklus kedatangan. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan model simulasi menggunakan ProModel versi 9 lalu dilakukan verifikasi dan validasi model menggunakan pengujian t-test menggunakan SPSS. Selanjutnya dilakukan eksperimentasi terhadap model berdasarkan tujuan penelitian yang ditetapkan, hasil eksperimentasi kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Analisis terhadap hasil eksperimentasi model simulasi menunjukan performansi sistem aktual yatiu rata-rata pengguna jalan tol adalah 1508 unit untuk gerbang tol pasir koja, 15260 unit untk Kopo, 13355 unit untuk Moh.Toha dan 19913 untuk gerbang tol Buah Batu. Rata-rata pengguna jalur E-toll adalah Pasir Koja sebanyak 2454 unit, gerbang tol Kopo sebanyak 4433 unit, gerbang tol Mohammad Toha sebanyak 2818 unit dan gerbang tol Buah Batu sebanyak 3788 unit, sedangkan untuk pengguna gardu reguler sebanyak 13336 unit untuk gerbang tol Pasir Koja, 10549 unit untuk Kopo, 10536 unit untuk Moh.Toha dan 16116 unit untuk Buah Batu. Berdasarkan analisis juga diperoleh rata-rata utulitas gerbang per shift yaitu untuk gerbang tol Pasir koja rata-rata utilitasnya adalah 8.57% pada shift1, 28.05% untuk shift2 dan 18.56% untuk shift3. Untuk gerbang tol Kopo diperoleh rata-rata utilitas gardu sebesar 27.00% untuk shift1, 28.15% untuk shift2 dan 8.96% untuk shift3. Untuk gerbang tol Moh.Toha diperoleh rata-rata utilitas gardu sebesar 25.42% untuk shift1, 25.41% untuk shift2 dan 5.80% untuk shift3. Sedangkan untuk gerbang tol Buah Batu diperoleh rata-rata utilitas gardu sebesar 29.61% untuk shift1, 30.29% untuk shift2 dan 8.28% untuk shift3.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cluster dua, gardu E-toll dan regular, Promodel simulasi, dan utilitas.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53805

Actions (login required)

View Item View Item