Usulan Tata Letak Lantai Produksi Menggunakan Metode Ongkos Material Handling Di PT. Serena Harsa Utama Bandung

Waki, Riyuji (2017) Usulan Tata Letak Lantai Produksi Menggunakan Metode Ongkos Material Handling Di PT. Serena Harsa Utama Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Serena Harsa Utama merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi pengembangan dari unit lain dalam kelompok usaha yang bergerak dibidang penggemukan sapi, perdagangan daging dan produksi makanan olahan daging. Pengaturan layout produksi berdasarkan jarak yang dilalui antar departemen, menjadi sangat penting agar dapat mengetahui berapa ongkos material handling yang dikeluarkan dalam proses produksi. Minimasi ongkos material handling dengan cara menghilangkan proses transportasi yang tidak perlu atau dengan cara memperbaiki layout antar departemen yang berhubungan. Sangatlah tidak mungkin jika menghapus proses transportasi secara keseluruhan, karena setiap proses produksi pasti memerluka n proses tersebut. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan dengan perbaikan layout pabrik keseluruhan yang saling berhubungan antar departemen yang kemudian didapat nilai ongkos material handling yang lebih murah. Perbaikan layout yang terjadi secara keseluruhan berdasarkan hasil dari tabel skala prioritas yang kemudian menjadi usulan layout perbaikan dan didapatkan nilai ongkos material handling yang lebih murah. Dengan pengurangan ongkos material handling sebesar Rp. 234,05 dari hasil layout usulan ke dua, maka layout tersebut dijadikan pilihan utama sebagai usulan. Dengan hasil dari pengolahan data didapatkan bahwa dengan memperbaiki layout di lantai produksi secara keseluruhan dapat meminimasi nilai ongkos material handling yang terjadi. Dari hasil tersebut perusahaan dapat mengurangi atau menekan biaya operasional produksi dalam satu kali produksi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meminimasi Jarak, Ongkos Meminimasi Jarak, Ongkos Material Handling, Layout Lantai Produksi.Material Handling, Layout Lantai Produksi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53808

Actions (login required)

View Item View Item